Olahraga

5 Daftar Olahraga Air Paling Ekstrim Yang Wajib Dicoba

Kegiatan olahraga air memanglah sangat menyehatkan dan menyenangkan. Berenang merupakan salah satu olahraga yang sering dipilih bagi mereka yang menyukai olahraga air. Namun selain itu, terdapat olahraga air yang dapat memacu adrenalin dimana olahraga air tersebut sedang populer akhir-akhir ini. Adapun olahraga air paling ekstrim yang sedang populer yang bisa dicoba antara lain sebagai berikut :

1. Big Wave Surfing

Tidak seperti olahraga surfing pada umumnya, olahraga big wave surfing ini mengharuskan berselancar di dalam ombak besar dengan ketinggian diatas 20 kaki. Untuk melakukannya sendiri, tentunya harus dilakukan di tengah laut. Setelah itu sesaat sebelum ombak besar tersebut datang, maka akan dibawa turun oleh gelombang sampai mencapai 20 sampai 50 kaki ke bawah permukaan laut sebelum akhirnya bisa berselancar di dalam ombak tersebut.

Papan yang digunakan untuk olahraga ekstrim ini haruslah berukuran besar, karena hanya papan besarlah yang dapat digunakan untuk mengendarai ombak besar yang akan dihadapi. Sehingga olahraga ini pun akan sangat menyenangkan dilakukan.

2. Kitesurfing

Kitesurfing merupakan salah satu olahraga yang sedang populer di Amerika dan Eropa. Olahraga ini pun termasuk ke dalam olahraga air yang ekstrim. Kitesurfing merupakan olahraga yang menggabungkan surfing dan layangan. Selain menggunakan papan selancar, untuk melakukan olahraga ini pun juga memerlukan kendali angin untuk menerbangkan layangannya.

Selain itu, olahraga ini pun membutuhkan kekuatan tangan yang mengendalikan layangan serta kekuatan kaki untuk mengendalikan papan selancarnya yang berada diatas ombak. Jika ingin mencoba olahraga yang satu ini, maka tidak perlu jauh-jauh pergi keluar negeri, karena di Bali sendiri pun sudah banyak yang menyediakan kesempatan bagi yang senang dengan olahraga air yang ekstrim tersebut.

3. Windsurfing

Olahraga air ekstrim yang lainnya adalah windsurfing. Olahraga ini tak jauh beda dengan olahraga air ekstrim kitesurfing, namun windsurfing ini jauh lebih sulit. Karena olahraga ini mengharuskan yang mencobanya berselancar dengan papan selancar yang sudah dimodifikasi dengan layar. Selain harus mengendalikan ombak dan angin, juga harus menyeimbangkan perahu dan layarnya yang berat agar bisa tetap menerjang ombak.

Untuk melakukannya harus menguasai beberapa teknik-teknik dasar yang membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menguasai teknik tersebut. Jadi sebelum mencoba olahraga air ekstrim ini harus mengikuti kursus dan pelatihan terlebih dahulu dengan alasan keselamatan.

4. Flyboarding

Olahraga ini menawarkan sensasi terbang layaknya iron man yang menggunakan jet bertenaga khusus, olahraga ini sendiri bernama flyboarding. Olahraga ini dikendalikan dengan tekanan air yang sangat kuat. Ketika sedang melakukan flyboarding, maka tangan dan kaki pun akan dipasangi semacam alat yang menyemburkan air dengan tekanan yang luar biasa yang dapat mengangkat tubuh ke udara.

Namun meskipun olahraga air ekstrim ini terlihat sangat susah untuk dimainkan, ternyata untuk bisa bertahan diatas air hanya butuh menjaga keseimbangan saja selama berada diatas air. Dengan begitu, maka olahraga ini pun akan sangat asyik sekali.

5. Cliff Diving

Olahraga air paling ekstrim yang tearkhir adalah cliff diving. Jika diving atau menyelam merupakan olahraga yang identik dengan menyelam kedalam laut serta menikmati keindahan biota laut yang ada di dalamnya, lain halnya dengan cliff diving. Cliff diving sendiri merupakan olahraga yang menggabungkan seni akrobat serta menyelam. Seseorang yang melakukan olahraga ini diharuskan terjun dari atas tebing yang mempunyai ketinggian setinggi 20 meter langsung ke dalam laut.

Kebanyakan dari mereka yang melakukan olahraga ini akan berteriak sepuasnya untuk melepaskan stress dan adrenalin ketika akan terjun ke laut. Dengan melakukan olahraga tersebut, selain memacu adrenalin juga bisa menghilangkan stress yang sedang dialami.

Itulah beberapa olahraga air paling ekstrim yang bisa dicoba. Dengan mencoba beberapa olahraga air paling ekstrim tersebut maka selain menyehatkan, memacu adrenalin, juga bisa sebagai hiburan bagi yang melakukannya.

Lihat lebih banyak

Tim Penulis

Tim Penulis TimesLombok.com adalah beberapa penulis lepas yang berkomitmen memberikan Karya Tulisan yang bermanfaat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close