Olahraga

5 Jenis Olahraga Berkuda Yang Menarik Untuk Dicoba

Olahraga adalah aktivitas fisik maupun psikis seseorang yang berfungsi untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan seseorang. Olahraga merupakan kesibukan utama yang benar-benar untuk menjaga kesehatan seseorang. Selain itu, olahraga juga dapat menggiatkan metabolisme dalam tubuh serta menjadi saran penghilang stress. Banyak olahraga yang dapat dilakukan oleh setiap orang, salah satunya adalah berkuda. Berkuda merupakan aktivitas dimana manusia mampu menunggangi, mengendarai, melompat atau berlari dengan menggunakan kuda. Terdapat beberapa jenis olahraga berkuda yang dapat dilakukan, di antaranya:

1. Trilomba

Trilomba merupakan pertandingan kombinasi yang mengandalkan pengalaman penunggang dalam semua nomor berkuda. Olahraga berkuda trilomba atau yang sering disebut dengan eventing awalnya berasal dari militer yang digunakan untuk mengukur kemampuan berkuda dan penunggang.

Dalam olahraga ini, antara kuda dan penunggang harus memiliki kecekatan dan serba bisa. Perhitungan yang digunakan dalam trilomba dilakukan dalam system penalty point, artinya para peserta berusaha mendapatkan angka penalty sedikit mungkin. Bertujuan untuk mengungguli pertandingan yang pada umumnya berlangsung selama satu sampai tiga hari.

2. Endurance

Endurance merupakan jenis olahraga berkuda yang berkompetisi melawan waktu untuk menguji kecepatan dan kemampuan ketahanan kuda. Selain itu juga diharapkan dapat menunjukkan pengetahuan si penunggang mengenai kecepatan dan penggunaan kudanya melalui lintas alam. Agar dapat melihat prestasi kuda, akan ditunjukkan melalui berbagai macam permukaan dan halangan alam. Hal ini sangatlah penting untuk menentukan kepandaian berkuda si penunggang dan sikap kudanya sendiri.

Rata-rata jarak minimum untuk pertandingan Internasional biasa adalah 80 km dan dalam pertandingan resmi 100 km. hal itu diperuntukkan untuk kompetisi yang berlangsung lebih dari satu hari. Sedangkan untuk kejuaraan satu hari, jarak yang harus dilalui biasanya 160 km dengan waktu tempat sekitar 10 – 12 jam. Kompetisi yang dilakukan biasanya terdiri dari beberapa tahap.

3. Lompat Rintangan

Salah satu jenis olahraga berkuda ini sering dikenal dengan Showjumping. Lompat rintang merupakan serangkaian lomba dengan menyelesaikan sebuah lintasan yang telah ditentukan. Setiap rintang yang ada memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda.

Luas lintasan yang dianjurkan untuk melakukan lompat rintang adalah 90 x 45 m dengan alas pasir atau rumput. Sedangkan panjang lintasan standar minimal yang ditetapkan adalah 150 m dan maksimal 1200 m.

4. Polo Berkuda

Jenis olahraga berkuda yang satu ini berasal dari negeri Parsi. Polo berkuda biasanya digemari oleh para pengusaha perkebunan teh di Assam, sejak tahun 1950. Olahraga polo berkuda ini terkenal di beberapa negara. Argentina menjadi salah satu negara yang selalu tampil dan mengungguli pertandingan ini.

Tujuan dari olahraga ini adalah memasukkan bola ke gawang tim musuh dengan menggunakan tongkat. Setiap tim terdiri dari empat orang pemain dimana masing-masing pemain berada di atas kuda.

5. Tunggang Serasi

Tunggang serasi adalah jenis olahraga berkuda yang menuntut keserasian baik dari penunggang maupun kudanya pada saat melakukan suatu gerakan. Keterampilan dan pengalaman penunggang dalam tunggang serasi sangat menentukan untuk menciptakan atau membentuk kelincahan dan keluwesan dari tiap gerakan yang dihasilkan.

Hal ini diharapkan agar kuda melangkah dan bergerak terkesan atas dasar keinginan sendiri tanpa adanya perintah dari penunggang. Penilaian dalam olahraga ini hampir mirip dengan senam lantai, dimana setiap gerakan yang dilakukan kuda bersama penunggang akan diberikan nilai 0-10.

Berdasarkan penjelasan di atas, itulah 5 jenis olahraga berkuda yang dapat dilakukan oleh para penggemar olahraga berkuda. Olahraga berkuda dapat memberikan manfaat yang sangat baik, selain menjaga kesehatan badan juga akan melatih kecekatan dan kecepatan.  

Lihat lebih banyak

Tim Penulis

Tim Penulis TimesLombok.com adalah beberapa penulis lepas yang berkomitmen memberikan Karya Tulisan yang bermanfaat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close