Olahraga

5 Teknik Dasar Parkour Untuk Pemula

Banyak sekali kegiatan dan olahraga yang menantang adrenalin dan digemari oleh para remaja, salah satunya adalah olahraga parkour. Parkour merupakan olahraga yang memiliki konsep sederhana, dimana setiap pemainnya harus melewati rintangan di hadapannya dengan cepat dan efisien. Bagi pemula yang ingin mempelajari teknik dasar parkour, maka berikut ini ada beberapa teknik dasar yang paling mudah.

1. Lompat Ke Atas Dan Ke Bawah

Teknik dasar parkour satu ini lebih dikenal dengan jumping up and down, dimana teknik ini merupakan teknik paling mendasar jika seseorang ingin menguasai parkour. Dalam latihan parkour seseorang harus menguasai terlebih dahulu lompatan-lompatan ke atas atau ke bawah, setelah itu baru bisa mempelajari gerakan yang lainnya yang lebih sulit.

Bagi pemula karena teknik ini sangat penting maka harus terus menerus mengulanginya ketika latihan. Selain melatih kelincahan teknik dasar ini membuat gerakan kaki lebih kuat dan fleksibilitas kaki lebih baik. Gerakan ini biasanya dilanjutkan dengan gerakan berlari jadi pemain parkour tidak hanya lompat dan berhenti namun harus langsung berlari.

2. Wall Climb

Untuk teknik dasar yang selanjutnya adalah gerakan wall climb, dimana dalam gerakan ini seseorang harus memanjat atau menaiki sebuah rintangan yang lebih tinggi dari tubuhnya. Fokus gerakan ini adalah teknik bagaimana seseorang menarik tubuhnya ke atas hingga dapat melewati rintangan.

Untuk menguasai teknik dasar parkour satu ini, harus lebih banyak berlatih pull up karena fokusnya hampir sama. Dalam gerakan olahraga pull up tujuannya melatih kelenturan dan kekuatan tubuh serta tangan, gerakan pull up ini sangat membantu ketika nantinya akan melakukan wall climb.

3. Jumping Over

Untuk gerakan ini harus lebih banyak di latih baru bisa dipraktikkan. Gerakan jumping over meskipun terlihat mudah namun pada kenyataannya sulit untuk dilakukan karena dalam gerakan ini diperlukan gerakan aktif yang banyak. Sebelum memulai jumping over seseorang harus berlari terlebih dahulu baru melakukan gerakan jumping over.

Tidak hanya sebuah aksi lompatan saja, jumping over juga dibarengi dengan rintangan yang harus di lalui. Misalnya saja seperti dinding yang tinggi atau portal yang terdapat di rumah-rumah. Dalam gerakan ini pemain parkour tidak boleh menggunakan bantuan tangan untuk melompat karena semua tumpuan berat badan harus berada di kaki pemain.

4. Cap Leap

Pernah melihat seekor kucing yang melompat dari satu tembok ke tembok lainnya? Teknik dasar parkour satu ini memiliki kesamaan dengan apa yang dilakukan kucing tadi. Gerakan satu ini adalah kombinasi antara gerakan kedua tangan dengan jumping over sehingga seseorang bisa melalui suatu tembok atau rintangan yang berada di depannya.

Pada dasarnya teknik parkour satu ini mengandalkan kelincahan dan kecepatan ketika melompat. Selain itu diperlukan tangan dan kaki yang kuat agar teknik lompatan semakin baik. Tidak lupa untuk selalu fokus ketika melakukan gerakan parkour karena jika kurang fokus bisa menyebabkan gerakan menjadi gagal.

5. Wall Flip

Gerakan parkour wall flip merupakan gerakan salto yang langsung di udara namun mengunakan tembok sebagai media untuk membalikkan badan. Gerakan ini cukup sulit untuk dilakukan karena pemain parkour harus membalikkan badan mereka dengan media tembok tanpa menyentuhnya dengan tangan.

Sejumlah teknik dasar parkour di atas bisa dicoba bagi para pemula. Jika ingin berlatih parkour maka hal yang paling penting untuk dilakukan adalah memberanikan diri untuk memulai hal-hal baru. Selain itu kecepatan, kelincahan dan kekuatan menjadi modal lainnya lagi yang ingin belajar parkour.

Lihat lebih banyak

Tim Penulis

Tim Penulis TimesLombok.com adalah beberapa penulis lepas yang berkomitmen memberikan Karya Tulisan yang bermanfaat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button