Olahraga

5 Tips Berkuda Untuk Pemula

Berkuda merupakan salah satu olahraga yang telah eksis sejak dulu. Olahraga ini dapat dilakukan bersama dengan seluruh keluarga. Bahkan balita pun sudah dapat menikmati berkuda kalau ia menunggang kuda poni yang dituntun. Anak-anak juga dapat belajar menunggang sendiri mulai usia 5-6 tahun. Akan tetapi, untuk melakukan olahraga berkuda tidak semudah dengan olahraga lainnya, karena olahraga berkuda terbilang sulit. Apalagi jika dilakukan oleh pemula. Untuk itu, inilah beberapa tips berkuda untuk pemula:

1. Memilih Instruktur Yang Tepat

Pemilihan instruktur dapat menentukan seseorang dalam menguasai cara menunggang kuda. Untuk itu, bagi pemula harus dapat memilih instruktur yang professional dan telah berpengalaman yang dapat diandalkan. Instruktur yang dipilih tentunya yang pandai untuk menjelaskan alias pandai bicara. Hal ini diharapkan agar instruktur mampu memberikan pelajaran dengan baik dan mudah dipahami atau dimengerti bagi pemula. Selain itu, penting juga memilih instruktur yang tahu banyak tentang kuda, termasuk kepribadian kuda.

Lebih penting lagi jika memilih seorang instruktur yang telah memiliki pengalaman mengajar. Dengan demikian, bagi penunggang pemula akan mengalami kemajuan yang cukup berarti nantinya ketika menunggang kuda. Hal yang paling penting adalah harus memperhatikan ketika instruktur memberikan contoh dengan menunggangi kuda. Sehingga penunggang pemula dapat menyerap cara menunggang kuda yang baik. Pemilihan instruktur yang tepat merupakan salah satu tips berkuda untuk pemula.

2. Naik Kuda

Sebagai tahap awal bagi pemula, sebaiknya belajar dari hal-hal yang sederhana, seperti naik kuda. Seseorang yang belum mempunyai pengalaman kemungkinan akan merasa ragu dan takut sehingga menyakiti kuda atau kuda tersebut bakal bergerak ketika proses dinaiki. Bagi pemula, sebaiknya selalu memulai naik kuda dari sisi kiri kuda. Hal ini disebabkan karena kekuatan pijakan ada di kaki sebelah kanan pada kebanyakan orang supaya mampu menghentak untuk naik ke atas.

Selain hentakan yang harus kuat saat akan naik, tangan harus berpegangan sangat kuat. Awalnya dibantu oleh instruktur untuk dapat menaikinya, tetapi selanjutnya untuk mencoba sendiri. Ketika sudah bisa duduk di atas pelana sendiri, maka bersiaplah untuk dapat menggunakan Teknik lainnya.

3. Jalan Biasa

Tips berkuda untuk pemula selanjutnya adalah jalan biasa. Sebagai pemula, sebaiknya jangan terburu-buru ingin menunggang kuda pada awal proses pelatihan dan pembelajaran. Setelah belajar menaiki kuda, bagi penunggang pemula sebaiknya belajar jalan biasa dulu dan mengendalikan kestabilan. Hentakkan kedua kaki sedikit ke perut kuda dan kuda pun otomatis bakal bergerak maju, untuk memulai menunggang kuda secara biasa. Saat duduk di pelana, pastikan posisi duduk sudah penuh dan merasa nyaman serta harus dapat menjaga keseimbangan.

4. Lari Biasa

Penunggang yang telah bisa berjalan biasa dengan baik dan stabil, maka tips yang harus dilakukan selanjutnya adalah lari biasa. Saat melakukan ini, pastikan kedua kaki dirapatkan ke tubuh kuda dan kuda pun pasti akan mulai berlari di mana kecepatannya sangat standar. Saat memegang tali kendali yang agak pendek agar bisa mengikuti irama kepala kuda sambil berlari. Penunggang harus dapat berkonsentrasi dengan penuh dan fokus. Apabila tidak konsentrasi, irama loncat duduknya menjadi kurang teratur dan tak nyaman.

5. Bersabar

Selain beberapa tips berkuda tersebut, tips berkuda untuk pemula selanjutnya yaitu bersabar. Untuk dapat mempelajari olahraga berkuda bukanlah sesuatu yang instan. Setiap orang yang tertarik dan akan belajar berkuda sebaiknya mempunyai tingkat kesabaran yang tinggi. Bagi seorang pemula, belajar menunggang kuda terkadang bisa cukup lambat sehingga dapat membuat bosan.

Itulah beberapa tips berkuda untuk pemula yang dapat dilakukan. Sebagai seorang pemula tentunya harus menguasai teori dari instruktur terlebih dahulu sebelum memulai untuk mempraktekkannya langsung.  

Lihat lebih banyak

Tim Penulis

Tim Penulis TimesLombok.com adalah beberapa penulis lepas yang berkomitmen memberikan Karya Tulisan yang bermanfaat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close