Olahraga

6 Tips Scuba Diving Bagi Pemula Yang Harus Diketahui

Scuba diving merupakan salah satu kegiatan menyelam yang menggunakan alat bantu pernafasan dengan menggunakan udara dari tabung udara. Scuba diving atau Self Contain Underwater Breathing Apparatus sendiri dirancang oleh Jacques Cousteau dimana udara yang digunakan untuk menyelam sendiri merupakan oksigen murni. Untuk bisa scuba diving ini maka harus mengetahui beberapa tips agar aman melakukan kegiatan ini terutama bagi pemula. Adapun tips scuba diving bagi pemula adalah sebagai berikut :

1. Mendengarkan Serta Mengikuti Arahan Dari Instruktur Atau Pemandu

Tips saat pertama kali ingin melakukan scuba diving maka hal yang pertama harus dilakukan adalah mendengarkan serta mengikuti arahan dari instruktur atau pemandu scuba diving. Mulai dari cara menggunakan masker oksigen sampai cara melihat kadar oksigen yang berada di dalam tabung itu sendiri.

Penjelasan dari pemandu atau instruktur yang panjang lebar, harus diperhatikan dan dipahami dengan seksama. Karena hal tersebut untuk keselamatan saat melakukan scuba diving itu sendiri. Jika saat mendengarkan penjelasan ada yang tidak mengerti maka jangan segan-segan untuk menanyakannya.

2. Pilihlan Kacamata Yang Pas Di Wajah

Perlengkapan scuba diving yang pas merupakan modal utama untuk menjelajah alam bawah laut yang indah. Kacamata renang yang pas sangat penting sekali untuk diperhatikan, terlebih bagi para pemula. Rasakan juga kekencangan kacamata saat fitting alat, menunduklah serta rasakan apakah masker terasa lebih longgar atau tidak.

Selain itu jangan lupa untuk mengencagkan karet masker sebelum masuk ke dalam air. Jika air sudah terlanjur masuk ke dalam masker, maka hal yang harus dilakukan adalah mengangkat kepala sedikit, bukalah masker dan dorong air dengan hembusan nafas dari hidung. Lakukanlah hal tersebut dengan cepat, kalau bisa maka latihanlah dulu sebelum benar-benar scuba diving itu dimulai.

3. Jangan Menahan Nafas Saat Berada Didalam Air

Tips scuba diving bagi pemula yang selanjutnya adalah jangan menahan nafas saat berada di dalam air. Karena hal tersebut sangat berbahaya dan dapat menimbulkan kecelakaan pada paru-paru.

Bernafaslah dengan normal dan santai selama berada di dalam air. Hirup udara dalam-dalam lewat mulut dan keluarkanlah semuanya lewat mulut juga. Kapasitas udara yang masuk dan keluar haruslah sama serta seimbang. Selain itu juga udara di dalam tubuh pun akan membuat lebih ringan yang akan membuat tubuh terdorong ke permukaan lebih cepat.

4. Menghafalkan Isyarat Tangan

Selama melaksanakan scube diving, tentunya tidak bisa bicara selama berada di dalam air. Maka dari itu, menghafalkan isyarat tangan sebagai media komunikasi selama dibawah laut. Kenalilah dan hafalkan baik-baik isyarat yang diberikan intrukstur tersebut. Karena jika salah isyarat maka akan beda artinya.

Salah satu contohnya adalah isyarat jempol ke atas, maka berarti ingin atau minta naik kepermukaan. Sedangkan isyarat jempol ke bawah berarti mengisyaratkan untuk menyelam lebih dalam lagi. Sedangkan telapak tangan yang bergoyang membentuk seperti gelombang diartikan adanya sebauh masalah. Dan apabila ada isyarat telapak tangan menarik garis horizontal di leher menjadi isyarat kehabisan oksigen.

5. Jangan Terlalu Jauh Dari Instruktur Atau Pemandu

Saat di dalam laut, menikmati keindahan bawah laut memanglah suatu hal yang sangat menyenangkan. Namun jangan sampai jauh-jauh dari pemandu, terlebih bagi para pemula. Hal tersebut bertujuan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan selama scube diving berlangsung.

6. Sesuaikanlah Kuping Dengan Tekanan Air

Tips scuba diving bagi pemula yang terakhir adalah menyesuaikan kuping dengan tekanan air. Setiap meternya, maka tekanan air akan semakin kuat. Hal tersebut akan menyebabkan kuping terasa sakit. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka ada cara untuk mengatasinya yakni tekan dan hembuskan nafas dari hidung dalam keadaan hidung tertutup. Jika tidak bisa, maka telanlah ludah setiap kali telinga terasa sakit.

Itulah beberapa tips scuba diving bagi pemula yang harus dilakukan. Dengan melakukan beberapa tips tersebut, maka kegiatan scuba diving pun akan menyenangkan dan tentunya aman untuk dilakukan.

Lihat lebih banyak

Tim Penulis

Tim Penulis TimesLombok.com adalah beberapa penulis lepas yang berkomitmen memberikan Karya Tulisan yang bermanfaat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button