Olahraga

8 Trik Bermain Skateboard Yang Harus Dipelajari Oleh Pemula

Skateboard merupakan salah satu cabang olahraga yang akhir-akhir ini digemari oleh anak muda. Bahkan yang lebih kerennya, hampir di setiap kota-kota besar seperti Bandung, Jakarta, dan Surabaya sudah mempunyai komunitasnya sendiri. Olahraga yang menggunakan papan skateboard ini dapat memperlihatkan berbagai macam trik dari yang paling mudah sampai yang paling sulit. Adapun trik bermain skateboard yang harus dipelajari oleh para pemula antara lain sebagai berikut :

1. Ollie

Ollie merupakan salah satu trik bermain skateboard yang harus dipelajari oleh para skaters pemula. Karena tanpa menguasai trik ini, jangan harap bisa melakukan trik-trik skateboard yang lainnya. Seperti halnya trik kickflip, heelflip, serta pop-shove.

Ollie sendiri merupakan gerakan mengangkat papan skateboard dengan cara menghentakkan salah satu kaki ke ujung papan sampai papan tersebut terangkat yang diikuti oleh kaki yang lainnya. Sehingga gerakan tersebut membuat sebuah lompatan setinggi-tingginya. Untuk rekor ollie sendiri, sampai saat ini masih dipegang oleh Jose Marabotto yang berasal dari Peru dengan tinggi lompatan yang mencapai 1,27 meter.

2. Kickflip

Kickflip sendiri merupakan salah satu trik kelanjutan dari ollie. Trik ini diawali dengan sebuah lompatan skaters dengan menggunakan trik sebelumnya yakni trik ollie. Setelah itu dilanjutkan dengan menendang papan skate saat berada di udara sampai 390 derajat dan mendarat dengan posisi semula.

3. Heelflip

Trik heelflip ini hampir sama dengan trik kickflip. Namun perbedaannya adalah ada putaran pada papan skatenya yakni menggunakan tumit bukan dengan kaki. Hal tersebut akan berdampak pada putaran papan yang berputar terbalik kearah para skaters.

4. Indy Grab

Trik indy grab ini merupakan salah satu trik dimana para skaters mencoba memegang papan skate disisi samping bagian tengah papan, yakni tepat diantara kedua kaki. Trik indy grab ini umumnya dilakukan saat trik ollie. Sehingga para skaters seolah-olah terlihat melayang dengan papan skate yang terlihat masih menempel di kaki.

5. Airwalk Grab

Trik bermain skateboard selanjutnya adalah airwalk grab. Trik ini dilakukan dengan cara meraih ujung bagian depan pada papan skate saat sedang berada di udara yang diikuti dengan tendangan untuk mengangkat ujung depan papan skate sendiri. Tujuan dari trik ini adalah berhenti dengan sempurna menggunakan kedua kaki dengan papan skate yang ada pada genggaman tangan.

6. Manual

Trik ini merupakan salah satu trik yang kuncinya terletak pada keseimbangan antara kedua kaki depan dan belakang. Para skaters sendiri harus mencoba dan berusaha untuk menaikkan papan skate dibagian depan saat papan skate masih dalam keadaan meluncur di sepanjang jalan. Kaki belakang sendiri berguna untuk menahan naik papan skate. Setelah itu kaki bagian depan pun berfungsi untuk mengatur keseimbangan papan skate.

7. Trik Pop Shove It

Trik pop shove it merupakan salah satu variasi dari trik ollie. Yang mana trik ini harus menggunakan kaki untuk memutar papan sekitar 180 derajat sebelum kembali mendarat.

8. 360 Flip

Trik bermain skateboard yang terakhir adalah 360 flip. Trik 360 flip ini merupakan trik yang disebut-sebut sebagai trik terhebat di dunia skateboard. Hal tersebut karena trik 360 flip ini terlihat sangat indah.

Selain itu, trik ini pun merupakan salah satu trik sulit yang terdapat di dunia skateboard. Perhitungan waktu yang akurat merupakan tantangan ketika mempelajari trik yang satu ini. Karena trik ini merupakan kombinasi dari trik kickflip dan 360 derajat shove it.

Itulah beberapa trik bermain skateboard bagi para pemula. Dengan mempelajari trik tersebut, maka para skaters pun akan mahir memainkan olahraga ini. Kuncinya hanyalah satu yakni rutin serta pantang menyerah.

Lihat lebih banyak

Tim Penulis

Tim Penulis TimesLombok.com adalah beberapa penulis lepas yang berkomitmen memberikan Karya Tulisan yang bermanfaat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close