Olahraga

Latih Mental Buah Hati Dengan Olahraga Ekstrim Untuk Anak

Olahraga ekstrim cenderung dilakukan oleh orang dewasa. Namun banyak manfaat yang diperoleh dengan berolahraga ekstrim yang selain menyehatkan badan juga melatih mental. Sedangkan mental yang kuat bukan hal yang instan. Oleh sebab itu olahraga ekstrim juga perlu diajarkan sejak dini. Berikut ini olahraga ekstrim untuk anak yang dapat melatih mental mereka serta untuk mencari bakat dan minatnya :

MotorCross

Semua olahraga ekstrim membutuhkan keberanian, begitu pula motorcross. Anak usia 5 tahun pun sudah bisa belajar olahraga ini. Jangan khawatir karena motor yang digunakan sesuai dengan umurnya dari 50cc-85cc.

Cara melatihnya pun berbeda dengan orang dewasa. Pembalap kelas dunia, Marc Marquez pun sudah belajar balap sejak kecil dan beberapa tahun terakhir ini menjadi juara dunia.

Beladiri

Bukan hanya melatih fisik agar tahan banting, keberanian dan percaya diri sangat kental dalam olahraga ini. Dalam bertanding, tidak hanya mengandalkan otot namun juga otak untuk membaca serangan lawan dengan cepat dan mencari strategi memenangkan pertandingan. Selain itu dibutuhkan kepekaan atau refleks untuk menyerang atau bertahan dari serangan lawan.

Contohnya saja bela diri asal Indonesia yaitu Pencak Silat. Tidak hanya sifat-sifat seorang pesilat seperti pantang menyerah, mandiri, dan disiplin. Namun juga diajarkan sifat-sifat seorang pendekar seperti rendah hati, suka menolong, ramah dan sifat orang Indonesia asli lainnya.

Downhill

Hampir sama dengan motorcross, downhill merupakan olahraga ekstrim sepeda. Namun bedanya, downhill memakai sepeda sedangkan motorcross menggunakan motor. Rintangan downhill juga sesuai dengan namanya yaitu menuruni bukit.

Sehingga tantangannya mencari jalan terbaik dan menantang untuk turun. Olahraga ini lebih ramah lingkungan, selain tidak menggunakan bahan bakar juga menyusuri alam bebas yang tentu sangat disukai anak terutama yang tinggal di perkotaan.

Hiking Atau Mendaki

Banyak keterampilan yang didapat dengan olahraga sederhana ini. Selain sehat karena berjalan kaki dengan track menanjak, mendaki juga melatih kekompakan dengan teman pendaki lainnya. Kemandirian dan keberanian, karena dilatih untuk bertahan hidup di alam bebas. Selain itu dapat menambah ilmu dalam menentukan arah mata angin agar tidak tersesat.

Rafting Atau Arung Jeram

Bermain air tentu sangat menyenangkan bagi anak. Sungai biasa saja sudah dapat menjadi wahana bermain yang asyik. Apalagi arung jeram yang lebih menantang. Biasanya minimal usia anak 7 tahun dapat mencoba olahraga ini. Jeram yang menjadi pilihan anak-anak juga tidak seekstrim untuk orang dewasa.

Selain itu ditemani pemandu dalam satu perahu yang akan menjaga dan mengarahkan buah hati anda. Dalam olahraga ini, anak akan terbiasa untuk bekerja sama dan kompak dengan teman agar selamat melewati jeram.

Parkour

Olahraga ekstrim untuk anak yang terakhir, olahraga yang sederhana karena tidak membutuhkan peralatan yang mahal. Parkour melatih untuk melewati rintangan melalui titik yang satu ke titik yang lain. Gerakan parkour seperti berlari, meloncat, memanjat, berayun dan sebagainya.

Gerakan ini sering dilakukan anak-anak bahkan dalam keadaan tidak berolahraga sekalipun. Jadi, mudah membuat mereka menyukai olahraga ini. Olahraga ini akan melatih konsentrasi anak kapan harus meloncat, berayun dan turun di waktu yang tepat agar tidak jatuh.

Itulah jenis olahraga ekstrim untuk anak beserta manfaatnya. Selain manfaat yang dimiliki masing-masing olahraga, secara umum latihan olahraga tersebut melatih kedisiplinan anak dalam latihan, tepat waktu datang latihan juga  akan membiasakan mereka mengatur waktunya antara sekolah, olahraga dan bermain. Sebagai orang tua tidak perlu khawatir, agar buah menjadi benar-benar belajar dan menikmati masa kanak-kanaknya dengan beragam pengalaman yang menakjubkan.

Lihat lebih banyak

Tim Penulis

Tim Penulis TimesLombok.com adalah beberapa penulis lepas yang berkomitmen memberikan Karya Tulisan yang bermanfaat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button