Olahraga

Mengenal 5 Jenis Inline Skate

Permainan sepatu dengan roda memang masih popular baik di kalangan anak-anak maupun orang dewasa. Kini banyak yang menggunakan inline skate yang memiliki roda dalam satu baris dan memberikan keseimbangan yang lebih baik. Bagi yang masih pemula di dunia inline skate mungkin masih bingung membeli inline skate seperti apa yang cocok. Oleh karena itu ketahui terlebih dahulu beberapa jenis inline skate berikut ini.

1. Skate Shoes

Skate shoes atau roller merupakan jenis sepatu yang memiliki roda di dalam tumitnya. Dengan sepatu ini memungkinkan pemakai dapat berjalan, berlari bahkan meluncur. Jenis ini merupakan alternatif kasual untuk inline skate, namun sayangnya skate shoes memiliki batasan dalam aspek mobilitas dan jangkauan penggunanya.

Kebanyakan jenis satu ini tersedia dalam ukuran kecil untuk anak-anak. Sangat jarang jenis skate shoes yang berukuran besar atau di peruntukan untuk orang dewasa.

2. Multipurpose Inline Skate

Selain bertujuan untuk olahraga, banyak orang yang melakukan inline skate untuk rekreasi. Bagi yang ingin bersenang-senang sambil berolaharaga maka sebaiknya memiliki jenis inline skate multipurpose. Karena ini ini mudah didapatkan dan tidak terlalu berat.

Selain itu, inline skate jenis ini memiliki harga yang paling terjangkau di bandingkan dengan jenis lainnya. Tidak heran bila banyak yang memiliki inline skate jenis ini. Body dari multipurpose inline skate terbuat dari plastik yang terdapat busa di dalamnya sehingga membuat nyaman. Untuk pengencang menggunakan tali, gesper atau bisa juga keduanya.

3. Speed Skate

Suka bermain inline skare yang cepat? Maka sebaiknya membeli speed skate atau five wheelers. Jenis inline skate satu ini dinamai five wheelers karena memiliki wheelbase yang panjang dan terdapat 5 roda di bawahnya. Biasanya speed skate terbuat dari bahan kulit yang nyaman

Sebenarnya yang membuat speed skate bisa meluncur dengan cepat bukanlah jumlah roda yang dimilikinya, melainkan panjang ekstra wheelabase yang ada. Untuk harganya pun cenderung lebih mahal karena inline skate ini lebih cepat. Namun perlu diingat ketika menggunakan speed skate pengguna akan cenderung lebih susah bermanuver dan tidak memiliki rem sehingga cukup berbahaya jika digunakan di tempat umum.

4. Trick Inline Skate (Aggressive)

Untuk yang lebih menyukai melakukan trik dalam inline kate seperti melompat, rail slide atau half pipes maka sebaiknya menggunakan trick inline skate. Jenis satu ini memang di rancang untuk pengguna agar bisa melakukan trik dengan baik.

Trick inline skate memiliki frame yang lebih besar sedangkan rodanya cenderung lebih kecil. Desain ini memungkinkan pengguna untuk melakukan lebih banyak control dan stabilitas yang tinggi. Untuk keawetan jenis Trick inline skate dianggap lebih tahan lama karena di rancang mampu menahan benturan.

5. Hockey Skate

Untuk jenis inline skate yang terakhir adalah hockey inline skate. Jenis satu ini biasanya digunakan dalam arena karena tidak disertai penyerap guncangan tinggi untuk menangani medan kasar di luar ruangan. Untuk bahan pembuat hockey skate biasanya terbuat dari kulit, komposit kulit atau nilon dan bisa dikencangkan menggunakan tali.

Jenis hockey inline skate cocok digunakan bagi yang suka bermain hoki inline kompetitif atau yang ingin bermain di gelanggang dalam ruangan. Jangan gunakan jenis ini untuk melakukan permainan di luar ruangan.

Itulah beberapa jenis inline skate yang harus diketahui. Sebelum memiliki inline skate tentukan terlebih dahulu jenis skating apa yang akan dibeli. Tentunya dengan pertimbangan medan seperti apa yang akan di jelajahi dan digunakan untuk apa skate tersebut

Lihat lebih banyak

Tim Penulis

Tim Penulis TimesLombok.com adalah beberapa penulis lepas yang berkomitmen memberikan Karya Tulisan yang bermanfaat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button