Olahraga

5 Jenis Olahraga Untuk Kesehatan Jantung Dan Paru-Paru

Jika ingin melihat kerja jantung dan paru-paru dalam melakukan tugasnya, anda dapat melakukan tes pulmonary function test untuk paru-paru dan tes ekokardiografi untuk jantung. Untuk membuat Jantung dan paru-paru terus sehat, hal yang harus dilakukan adalah dengan berolahraga. Nah, apa saja Jenis-jenis Olahraga untuk Kesehatan Jantung dan Paru-Paru? Berikut ulasannya:

1. Olahraga Kardiovaskular

Salah satu olahraga untuk kesehatan jantung dan paru-paru adalah olahraga aerobik. Jenis olahraganya pun bermacam-macam yaitu terdiri dari berjalan, berlari, melompat, dan lain-lain. Tidak semua olahraga kardio dapat dilakukan didalam rumah, olahraga ini juga dapat dilakukan diluar rumah seperti berenang, hiking, bersepeda, uphill sprinting, dan lain lain.

Fungsi dari olahraga kardiovaskular ini untuk memperkuat jantung, meningkatkan fungsi pembuluh darah, menurunkan berat badan, melatih keseimbangan, membakar kalori, dan meningkatkan daya tahan tubuh.

2. Olahraga Jogging Di Pagi Hari

Melakukan olahraga di pagi hari ternyata banyak manfaatnya, udara yang masih segar memiliki efek yang baik untuk kesehatan jantung dan paru-paru. Salah satu olahraga yang dapat dilakukan pagi hari adalah jogging. Olahraga jenis ini pada umumnya dapat dilakukan di pagi hari, sore hari, bahkan malam hari.

Meskipun begitu, waktu yang bagus untuk melakukan jogging adalah di pagi hari. Saat lari pagi, udara yang masih bersih akan terhirup dan masuk ke paru-paru. Selain itu olahraga jogging dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jogging ini sangat murah dan tidak perlu mengeluarkan uang berlebih karena jogging bisa dilakukan dengan berlari di jalan dekat rumah.

3. Olahraga Yoga

Olahraga ini sering dikenal sebagai olahraga meditasi. Yoga dalam Bahasa sanskerta adalah “yuj” yang artinya penyatuan jiwa dan kesadaran yang tak terbatas. Olahraga ini memiliki berbagai macam jenis dan gerakan yang telah termodifikasi seiring berjalannya waktu.

Teknik yoga dapat dimulai dengan melakukan teknik peregangan, pelenturan tubuh, keseimbangan, dan pernapasan. Olahraga yoga akan membantu pikirannya menjadi lebih tenang dan rileks. Selain itu, juga dapat mengurangi resiko penyakit jantung serta mengobatinya. Yoga ini sangat simple sekali dan bisa dilakukan dengan mudah dirumah.

4. Berenang

Olahraga renang merupakan salah satu olahraga kardiovaskular yang dapat meningkatkan kesehatan jantung dan paru-paru. Olahraga renang akan menggerakkan seluruh tubuh anda, lakukanlah aktivitas fisik didalam air ini dengan durasi waktu 15-45 menit.

Manfaat dari berenang sangat banyak, yaitu dapat melatih pernapasan pada paru-paru, menyehatkan jantung, meningkatkan kekuatan otot, menghilangkan stress, menurunkan berat badan, dan juga membuat tubuh menjadi lebih ideal atau tinggi.

5. Latihan Beban

Olahraga jenis ini bertujuan melatih kekuatan otot, menambahkan kekuatan fisik,serta  meningkatkan kesehatan jantung. Latihan beban adalah bentuk lain dari latihan interval, umumnya latihan beban ini akan menggunakan sejumlah alat berat atau alat yang memiliki beban.

Adapun cabang olahraga yang memakai serangkaian dari latihan beban seperti cabang olahraga binaraga, angkat besi, angkat berat, lempar cakram, lempar lembing dan masih banyak lagi. Untuk kesehatan jantung dan paru-paru bisa melakukan aktivitas ini dengan menggunakan beban yang ringan.

Olahraga memang dapat meningkatkan kesehatan jantung dan paru-paru. Namun, berolahraga saja tidak cukup. Mulailah dengan melakukan pola hidup yang sehat yaitu dengan mengkomsumsi makanan yang berkhasiat bagi jantung. Seperti kacang, biji-bijian, apel, anggur, buah beri, dan lain-lain. Selain itu jagalah pola tidur dan istirahat agar tubuh kembali berenergi. Nah, itulah olahraga untuk kesehatan jantung dan paru-paru yang dapat dilakukan.

Lihat lebih banyak

Tim Penulis

Tim Penulis TimesLombok.com adalah beberapa penulis lepas yang berkomitmen memberikan Karya Tulisan yang bermanfaat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close