Seleb

5 Biografi Pengusaha Sukses Dari Nol Yang Bisa Jadi Panutan

Dunia bisnis tidak dapat diawali secara instant, ada proses yang dilalui agar bisnis menjadi sukses. Saat berwirausaha seseorang harus mempunyai karakter yang pantang menyerah dan optimis. Pribahasa mengatakan banyak jalan menuju roma yang artinya banyak cara untuk meraih kesuksesan dalam berbisnis atau berwirausaha. Berikut ini 5 Biografi Pengusaha Sukses dari Nol yang dapat disimak dan diambil pelajaran berharganya:

1. Bob Sadino

Bambang Mustari Sadono adalah salah satu pengusaha sukses dari nol yang berasal dari Indonesia. Ia lahir di Lampung pada tanggal 9 Maret 1933. Anak dari pasangan sadino dan Itinah Soeraputra ini lebih akrab dipanggil dengan sebutan “om bob”. Bob memiliki gaya yang cukup nyentrik dan sederhana dalam berpakaian. Ia sering terlihat memakai kemeja berlengan pendek dan celana pendek.

Pekerjaan pertama yang ia geluti adalah menyewakan mobilnya yang disupiri oleh dirinya sendiri.saat itu ia memilik 2 mobil marchendes. Salah satu mobilnya sudah ia jualkan, sedangkan mobil yang ia sewakan pada akhirnya mengalami kerusakan parah akibat kecelakaan yang menghampirinya.

2. Reza Nurhilman

Anak laki-laki ketiga dari tiga bersaudara yang lahir di Bandung pada tanggal 29 September 1987 ini bernama Reza Nurhilman. Ia dilahirkan dari keluarga yang broken home lalu dibesarkan oleh keluarga angkatnya. Saat ia remaja, reza memiliki ketertarikan di bidang music rock. Ia sangat menyukai  sosok Axel Rose ‘Guns ‘n Roses’.

Pada tahun kelulusan Reza dari SMAN 2 Bandung, pria itu memilih  untuk membuka usaha daripada berkuliah. Berbagai jenis usaha ia geluti dari menjual pupuk sampai berjualan keripuk maicih.

Reza yang menangkap peluang dari keripik singkong tersebut tidak segan bertanya tentang komposisi bahan-bahan untuk membuat keripik pedas tersebut. Dengan modal awal 15 juta, ia merintis usaha keripik singkong yang dinamai dengan keripik “Maicih”.

3. Susi Pudjiastuti

Wanita Tangguh ini lahir pada tanggal 15 Januari 1965 di Pangandaran. Ia adalah anak dari pasangan Haji ahmad Karlan dan Hajjah Suwuh Lasminah. Keluarga beliau memiliki usaha ternak yang sudah digeluti sejak dulu. Susi memulai bisnisnya sebagai pengepul ikan dengan modal awal 750 ribu. Ia mulai dengan membeli ikan dari tempat pelelangan dan menjualnya kembali.

Usahanya ini pun mengalami kemajuan yang cukup pesat. Tahun 1996 Susi mendirikan sebuah pabrik pengolahan ikan yang dinamakan PT ASI Pudjiastuti. Bisnis pengolahan ikannya ini sudah sampai ke pasar internasional. Meskipun sudah terbilang cukup maju, pada tahun ia kembali mengembangkan usahanya dengan membeli sebuah pesawat.

4. Chaerul Tanjung

Biografi pengusaha sukses dari nol yang keempat adalah Biografi Chaerul Tanjung dan lahir tanggal 16 Juni 1962 di Jakarta. Orang tuanya merupakan seorang wartawan dan penerbit surat kabar yang bisa dibilang sukses. Namun, karena isi surat kabar tersebut bersimpangan dengan orde baru, pemerintah terpaksa menutupnya.

Chaerul tanjung merintis bisnisnya dari nol. Usaha kecil-kecilan yang pertamanya adalah mendirikan fotocopy sewaktu kuliah. Setelah lulus dari universitas kedokteran, lantas tidak membuat hatinya ingin menjadi dokter. Hatinya lebih condong dalam berbisnis. Ia pun mulai berwirausaha dengan membuat proyek konstruksi.

5. Yasa Singgih

Kisah pengusaha sukses dari nol berikutnya adalah dari lelaki kelahiran 23 April 1955 yang bernama Yasa Paramita Singgih. Saat kelas 3 SMP ayah dari Yasa mengalami serangan jantung Hal inilah yang membuat semangat seorang yasa untuk membantu perekonomian keluarganya muncul. Di umur yang masih terbilang kecil, Yasa mulai bekerja menjadi MC di beberapa acara.

Usahanya pun tidak berjalan lancar, dimulai dari menjual kaos sampai mendirikan café “Ini The Kopi”. Namun, kegagalan yang didapatnya tidak membuat Yasa putus asa. Ia mulai mencari akal lalu muncul lah ide untuk membuat brand sepatu yang dinamakan “Men’s Republic”.

Kini, usahanya membuahkan hasil yang memuaskan. Bisnis sepatu tersebut telah menghasilkan omset miliaran rupiah dengan penjualan sebanyak 500 pasang sepatu setiap bulannya. Biografi pengusaha sukses dari nol yang bernama Yasa Singgih ini sangat pantas diteladani.

Nah sekian dari 3 biografi pengusaha sukses dari nol. Apa yang dibaca semoga bisa menjadi pelajaran bagi seluruh kalangan. Jangan buang waktu untuk hal yang tidak jelas, buanglah waktumu untuk berusaha terus menerus. Kesuksesan itu datang dari kerja keras dan tekad yang kuat dari kita sendiri

Lihat lebih banyak

Tim Penulis

Tim Penulis TimesLombok.com adalah beberapa penulis lepas yang berkomitmen memberikan Karya Tulisan yang bermanfaat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button