Seleb

5 Pengusaha Sukses Indonesia Yang Mendunia Dan Menginspirasi

Belakangan ini banyak orang mulai lebih tertarik dengan dunia usaha ketimbang menjadi karyawan suatu perusahaan. Kesuksesan finansial yang dapat diperoleh dari membangun usaha sendiri mendorong orang untuk memilih, memulai usaha mereka sendiri. Banyak kisah sukses para pengusaha sukses Indonesia yang mendunia. Mereka mulai dari nol melewati jalan panjang dan berliku sebelum akhirnya meraih kesuksesan. Berikut ini akan disebutkan 5 pengusaha sukses tersebut:

1. Bob Sadino

Pengusaha sukses Indonesia yang mendunia, pertama adalah mendiang dengan nama lengkap Bambang Mustari Sadino. Lahir di Lampung, 9 Maret 1939, Beliau salah satu pengusaha sukses yang sempat mengalami jatuh-bangun yang sebelum akhirnya menorehkan kesuksesan besar.

Setelah sekitar sembilan tahun menjadi pegawai, Bob memutuskan untuk berhenti kerja dan banting setir menjadi pengusaha. Usaha pertama yang dirintisnya adalah bisnis penyewaan mobil, dengan hanya bermodalkan satu mobil Mercedes yang  ia supiri sendiri.

Tetapi, karena musibah kecelakaan yang menimpanya saat mengemudikan mobil yang disewakannya itu. Bisnisnya berhenti di tengah jalan. Tidak putus semangat, kemudian beralih Bob Sadino sempat beralih profesi sebagai buruh bangunan yang dibayar dengan upah harian. Saat menjadi kuli tersebut, ia dapat melihat adanya peluang bisnis yang lain, yaitu bisnis ternak ayam dan telur ayam negeri.

Bisnis ternak dan telur ayam tersebut akhirnya dapat berbuah manis dan Bob Sadino mulai mengembangkan sayap dengan menjual daging dan sayuran hidoponik. Berkat keuletannya, bisnis tersebut sukses dan beliau mendirikan Kem-Chicks, salah satu supermarket ternama yang menjual berbagai macam produk peternakan dan pertanian.

2. Susi Pudjiastuti

Susi Pudjiastuti, memulai usahanya sebagai pedagang pakaian dan bed cover. Setelah melihat potensi yang ada di wilayah tempat tinggalnya, Pangandaran, sebagai penghasil ikan, Susi lantas memanfaatkannya sebagai peluang bisnis dan beralih ke usaha perikanan.

Dengan modal pertama hanya Rp 750 ribu hasil dari menjual perhiasannya, lalu ia mulai membeli ikan dari tempat pelelangan dan memasarkannya ke sejumlah restoran. Setelah sempat tersendat, bisnis Susi akhirnya berhasil menguasai bursa pelelangan ikan di Pangandaran. Kemudian merambah ke ekspor lobster dan ikan sampai sekarang.

Bisnis maskapai penerbangannya juga berawal dari bisnis perikanan miliknya. Untuk mengatasi masalah pengiriman ikan yang lambat apabila lewat darat ataupun  laut, Susi membeli sebuah pesawat dari pinjaman bank untuk pengangkutan produk lautnya, yang kemudian berkembang menjadi armada maskapai penerbangan Susi Air, melayani rute pedalaman dan carter.

3. Reza Nurhilman

Pengusaha sukses indonesia yang mendunia, selanjutnya Reza Nurhilman. Mengawali bisnisnya ini dengan melakukan pemasaran sederhana, yakni melalui platform media sosial, Twitter, sebelum mengembangkan sayap dengan menerapkan sistem keagenan yang menggunakan istilah Jenderal.

Para Jenderal inilah yang memasarkan produknya dengan cara berkeliling atau nomaden. Pemuda kelahiran Bandung 28 tahun yang lalu ini.  Mengakui kunci kesuksesannya terletak pada cara berpikirnya yang out of the box, yaitu dengan tidak membuka toko seperti kebanyakan penjual sehingga membuat produknya eksklusif.

Melalui media Twitter, para jenderal memberitahu informasi lokasi penjualan setiap harinya. Cara pemasaran yang unik ini terbukti berhasil mengangkat nama Maicih di dunia maya.

4. Gibran Rakabuming

Saat ini nama Gibran Rakabuming, sudah dikenal oleh hampir seluruh masyarakat Indonesia, di luar fakta bahwa Ayahnya, Joko Widodo, adalah seorang presiden negara republik Indonesia. Gibran adalah pemilik usaha di bidang cateringdan wedding organizerdengan nama Chili Pari.

Sebelum saat menjabat menjadi Walikota Solo, kemudian Gubernur DKI jakarta, dan akhirnya Presiden RI, ayahnya, Joko Widodo merupakan pengusaha mebel. Tetapi, ia sendiri memilih untuk merintis usaha sendiri tanpa campur tangan ayahnya. Gibran memulai usahanya dengan mengajukan pinjaman ke bank untuk modal.

Meskipun sempat ditolak beberapa kali, akhirnya ia mendapatkan persetujuan dari salah satu bank dan dengan modal pinjaman tersebut. Gibran memulai Chili Pari dengan melayani pesanan partai kecil. Berkat keuletan dan kemampuan sendiri, sekarang Chili Pari sudah banyak menangani order besar dengan jumlah tamu hingga ribuan orang dan usaha Gibran pun semakin berkembang.

5. Nicholas Kurniawan

Nama Nicholas Kurniawan mungkin belum terlalu familiar, namun saat ini di usianya yang baru 20 tahun, ia sudah sukses menjadi eksportir ikan hias termuda di Indonesia. Semua itu berawal dari kondisi keluarganya yang terpuruk dan terlilit utang, dan Nicholas berniat untuk mengubah nasibnya.

Sempat mencoba berbagai bisnis mulai dari asuransi, makanan,  mainan, MLM, pernah ia lakukan. Jatuh bangun dan bahkan sempat tidak naik  kelas saat kelas 2 SMA, Nicholas mulai bangkit kembali dan mencoba peruntungannya dengan menjual ikan hias secara online melalui situs Kaskus.

Meski sempat beberapa kali ditipu oleh calon pembeli, bisnis ikan hias Nicholas sekarang  sudah menjangkau luar negeri dan dalam sebulan omzetnya bisa mencapai lebih dari Rp 100 juta. Dengan proses dan pencapainnya tersebut, Nicholas patut menjadi seorang pengusaha sukses Indonesia yang mendunia.

Lihat lebih banyak

Tim Penulis

Tim Penulis TimesLombok.com adalah beberapa penulis lepas yang berkomitmen memberikan Karya Tulisan yang bermanfaat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close