Seleb

Fakta-Fakta Najwa Shihab, Sang Pembawa Acara Mata Najwa

Keberhasilan sebuah program acara tv tidak terlepas dari campur tangan seorang pembawa acara yang hebat. Begitu juga yang terjadi dengan program mata najwa. Berbagai macam penghargaan yang didapatkan oleh Mata Najwa merupakan kesuksesan seorang Najwa Shihab dalam memandu Talkshow ini. Siapa yang tidak mengenal Najwa Shihab? ia adalah seorang jurnalis cerdas yang sudah banyak mewawancarai tokoh penting di Negara Indonesia. Berikut ini adalah sekumpulan fakta-fakta menarik  Najwa Shihab, sang pembawa acara Mata Najwa.

1. Memiliki Nama Panggilan yang Unik

Najwa Shihab merupakan seorang wanita yang lahir di Makassar pada tanggal 16 September 1977. Ia adalah anak perempuan dari pasangan Quraish Shihab dan Fatmawati Assegaf. Dibalik sosoknya yang tegas dan ambisius, ternyata perempuan yang menjadi duta baca sekaligus duta pustaka bergerak Indonesia ini memiliki nama panggilan yang cukup unik dan lucu yaitu nana atau biasa dipanggil mbak Nana.

2. Seorang Alumni dari Universitas Indonesia

Selepas dari masa-masa memakai seragam putih abu-abunya di SMAN 6 Jakarta, Najwa Shihab melanjutkan pendidikannya di Universitas Indonesia (UI) dengan mengambil jurusan hukum.  Dia menjadi alumni UI pada tahun 2000 dan memulai karirnya sebagai seorang jurnalis di tahun yang sama. Pertama kalinya ia terjun ke dunia jurnalistik, yaitu dengan menjadi seorang reporter di Metro TV telah memberikannya banyak pengalam dan ilmu yang membuatnya mendapatkan banyak penghargaan.

3. Reporter Pertama yang Menjadi Saksi Dahsyatnya Tsunami di Aceh

Bencana Tsunami di Aceh telah ditetapkan sebagai bencana nasional yang telah merenggut banyak jiwa. Najwa shihab adalah reporter yang pertama kalinya meliputi tsunami di Aceh sekaligus yang menyaksikan dahsyatnya bencana tersebut. Najwa juga mengatakan bahwa pemerintah belum siap menghadapi bencana tersebut. Dibalik itu ternyata orang yang bertanggung jawab pasca bencana adalah pamannya sendiri yang bernama Alwi Shihab.

4. Segudang Penghargaan yang Diraih

Menjadi seorang reproter yang pertama kalinya meliput bencana Tsunami di Aceh mengantarkannya pada sejumlah penghargaan yang telah diraihnya. Mulai dari kancah nasional sampai Internasional sekalipun. Penghargaan tersebut diraihnya karena kecerdasannya dalam dunia jurnalis ia berhasil menyambet penghargaan jurnalis terbaik di Metro TV, Pembawa acara terbaik, Presenter Talkshow Berita & Informasi Terfavorit di Panasonic Gobel Awards 2015 sekaligus menjadi juru bicara pada Konvensi Asian American Journalist Association.

5. Mewawancarai Banyak Tokoh-Tokoh Penting

Sebagai seorang pembawa acara mata najwa dan jurnalis, Najwa Shihab sudah banyak mewawancarai narasumber yang merupakan tokoh-tokoh yang berpengaruh di Indonesia. Salah satunya adalah Presiden Indonesia ke-6 yaitu Susilo Bambang Yudhoyono atau biasa disingkat Pak SBY. Sesudah pelantikan SBY, Najwa adalah orang yang pertama kali mewawancarainya. Selain dari itu,  banyak deretan tokoh penting yang diwawancarai oleh Najwa seperti Jokowi, B.J Habibie, Megawati Soekarnoputri, Jusuf Kalla, Boediono, Fadli Zon, Fahri Hamzah, dan tokoh-tokoh lainnya.

6. Pembawa Acara Mata Najwa

Mata Najwa adalah program talkshow di Metro TV yang menyajikan topik-topik menarik dilengkapi dengan beberapa narsumber. Acara ini tayang pertama kali pada tanggal 25 November 2009 yang dibawakan oleh Najwa Shihab selaku jurnalis senior. Eksistensi, kecerdasan berpikir, intelektual, dan ketajaman Najwa Shihab dalam berbicara membuat acara mata najwa meraih banyak penghargaan dan nominasi yang telah diraihnya. Salah satuny adalah memenangkan nominasi sebagai program talkshow terbaik.

7. Pendiri Narasi TV

Najwa Shihab adalah seorang yang selalu ingin mencoba hal-hal baru dalam hidupnya walaupun ia harus keluar dari zona nyaman tersebut. Hal itu terbukti saat ia membuat channel youtube dan mendirikan Narasi Tv, yaitu program acara yang ditayangkan di channel youtubenya. Bersama co-founder Narasi Tv, najwa akan membuat konten berkualitas namun juga tetap menghibur setiap orang yang menontonnya. Ia yakin dengan adanya Narasi Tv, setiap orang bisa mengaksesnya kapanpun dan dimanapun lewat gadget atau smartphone.

Nah, demikian fakta-fakta Najwa Shihab, sang pembawa acara mata najwa. Semoga kisah inspiratifnya dapat menjadi kiblat bagi jurnalis untuk bersikap kritis dan tanggap dalam suatu hal.

Lihat lebih banyak

Tim Penulis

Tim Penulis TimesLombok.com adalah beberapa penulis lepas yang berkomitmen memberikan Karya Tulisan yang bermanfaat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button