Seleb

Penyanyi Dangdut Wanita Lawas Yang Masih Populer Hingga Sekarang

Dangdut adalah salah satu genre music di Indonesia yang banyak digandrungi oleh masyarakatnya. Selain karena genrenya yang membuat banyak orang bergoyang saat mendengarkannya, tetapi juga karena penyanyinya. Banyak penyanyi dangdut yang memiliki ciri khas tersendiri untuk memikat pendengarnya. Meskipun banyaknya penyanyi dangdut wanita baru yang kini bermunculan, tetapi kepopulerannya tidak dapat mengalahkan penyanyi dangdut wanita lawas. Berikut beberapa penyanyi dangdut wanita lawas yang masih popular hingga sekarang:

1. Elvy Sukaesih

Elvy Sukaesih sebagai penyanyi dangdut wanita lawas memiliki nama asli Else Sukaesih. Ia mulai menyanyi sejak kelas 3 SD sekitar tahun 1964. Saat itu, ia mengikuti ayahnya yang mengisi sebuah acara pernikahan. Pada awal tahun 1970-an, kariernya mulai menanjak ketika menjadi penyanyi pendamping Rhoma Irama pada Orkes Melayu Soneta.

Kemudian Elvy melanjutkan untuk bersolo karier pada tahun 1975 hingga sekarang tetap eksis dalam musik dangdut. Bahkan, keberadaannya di dunia musik dengan lagu-lagunya yang populer, membuat ia dijuluki sebagai “Ratu Dangdut”. Salah satu lagunya yang sangat populer hingga sekarang yaitu Kereta Malam.

2. Evie Tamala

Evie Tamala adalah seorang penyanyi dangdut yang lahir di Tasikmalaya, 23 Juni 1969 yang memiliki nama asli Cucu Suryaningsih. Penyanyi dangdut ini dikenal dengan lagunya yang berjudul Kanda, selamat malam, dan dokter cinta. Ia mengawali kariernya pada tahun 1980-an yang tergabung dalam sebuah group orkes melayu Sinar Remaja, saat itu ia menggunakan nama panggung Uce Arifina.

Evie Tamala masuk dapur rekaman pada tahun 1986-1987 untuk menggarap album perdananya yang berjudul Sesuap Nasi. Saat itu, hasil rekaman album perdananya mengecewakan bahkan kasetnya tidak beredar di pasaran. Hingga akhirnya pada tahun 1989 ia membuat album ketiganya “Dokter Cinta”. Berkat album ketiganya, Evie mampu mendongkrak namanya sejajar dengan penyanyi dangdut wanita lainnya. Sejak saat itulah dapat dibilang bahwa Evie menjadi salah satu penyanyi dangdut wanita lawas yang masih populer hingga saat ini.

3. Rita Sugiarto

Rita Sugiarto adalah seorang penyanyi dangdut yang juga sebagai pencipta lagu dangdut. Sejak berduet dan mengisi suara dalam film-film Rhoma Irama, Rita mulai dikenal masyarakat. Suara seorang Rita Sugiarto tak perlu dicemaskan lagi, karena suaranya sangat bagus dan langka. Ia mengawali kariernya pada tahun 1976 saat bergabung dengan Soneta. Banyak album yang telah dirilis olehnya bersama dengan group Soneta. Lagu-lagunya pun sangat terkenal dan popular bahkan sampai pada kalangan anak muda sekalipun.

4. Iis Dahlia

Iis Laeliyah atau yang dikenal dengan nama panggung Iis Dahlia, adalah seorang penyanyi dangdut wanita lawas yang terkenal dengan lagunya berjudul “Payung Hitam”. Penampilannya sebagai bintang diawali saat menjadi bintang tamu di sebuah stasiun TV swasta pada tahun 1985. Sejak saat itulah, ia sering muncul di layar kaca. Iis aktif di dunia musik sejak tahun 1987 hingga saat ini. Ia juga dikenal sebagai pemain sinetron bahkan ia juga kerap muncul di layar kaca sebagai juri dan komentator pencarian bakal acara musik dangdut.

5. Ikke Nurjanah

Ikke Nurjanah merupakan seorang penyanyi dangdut yang terkenal selain suaranya yang khas tetapi juga karena penampilannya yang selalu sopan. Ia bisa dibilang sebagai penyanyi dangdut wanita lawas yang masih popular hingga saat ini. Kepopulerannya berkas lagu-lagunya yang sangat melejit, salah satu lagunya yang terkenal adalah Memandangmu. Ikke Nurjanah memulai kariernya sebagai seorang penyanyi dangdut pada tahun 1987 hingga sekarang.

Itulah beberapa penyanyi dangdut wanita lawas yang masih populer hingga saat ini.  Meskipun sebagai penyanyi lawas, tetapi mereka tetap disukai oleh semua masyarakat dari semua kalangan. Berkat suaranya yang khas dan juga lagu-lagunya yang bagus dan enak untuk didengarkan.

Lihat lebih banyak

Tim Penulis

Tim Penulis TimesLombok.com adalah beberapa penulis lepas yang berkomitmen memberikan Karya Tulisan yang bermanfaat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button