Tekno

6 Penyebab Laptop Jadi Lemot Dan Cara Mengatasinya

Saat paling menjengkelkan bagi seseorang yang dalam kesehariannya bekerja menggunakan laptop adalah ketika laptop tiba-tiba menjadi lambat.  Tentu sangat merepotkan ketika harus mengerjakan sesuatu yang penting tetapi terkena kendala akibat laptop lemot sehingga tidak memungkinkan untuk digunakan. Untuk itu, ketahui  6 penyebab laptop jadi lemot berikut :

1. Laptop Yang Sudah Lama

Sebaiknya pengguna laptop harus memperhatikan sudah berapa lama menggunakan barang yang telah digunakan lebih dari  tahun. Sebab laptop yang telah berusia tua tidak dapat mengimbangi kinerjanya dengan program atau aplikasi yang terpasang di dalamnya karena program tersebut terus berkembang. Hal ini merupakan penyebab laptop jadi lemot.

Cara mengatasinya tentu saja dengan membeli laptop yang baru dan perhatikan jangka waktu penyusutan dari barang tersebut. Laptop baru tentu memiliki spesifikasi yang sesuai dengan pengguna untuk menyelesaikan pekerjaannya. Jangan biarkan laptop lama yang memiliki kinerja kurang baik mengganggu aktivitas penggunanya. 

2. Laptop Dan Prosessor Yang Overheating

Panas yang berlebihan pada laptop maupun prosessor dapat menyebabkan penurunan perfoma laptop yang drastis, sehingga dapat mengacaukan kecepatan dari kinerja laptop tersebut. Untuk mengatasi overheating pada laptop maupun prosessor yakni dengan menggunakan kipas atau pendingin laptop. Kemudian bersihkan laptop secara berkala dengan cairan pembersih khusus barang elektronik untuk membersihkan debu.

3. Banyaknya Program Pada Latar Belakang Laptop Yang Berjalan Bersamaan

Salah satu penyebab laptop jadi lemot adalah banyaknya program yang berjalan otomatis saat laptop melakukan proses booting ketika pertama kali dinyalakan. Selain itu program utilitas keamanan bawaan atau tambahan juga menjadi penyebab laptop melambat. Karena biasanya sering kali ketika program ini memindai laptop, program tersebut turut mempengaruhi penurunan kinerja laptop.

Cara mengatasinya yakni dengan mengatur jadwal kapan harus menjalankan program utilitas keamanan atau program lainnya yang memerlukan pemindaian pada hard drive. Untuk melakukan pengaturan pengguna dapat membuka task manager. Aktifkan program-program tersebut saat beban kerja laptop tidak terlalu berat. Dengan begini kinerja laptop akan stabil.

4. Kapasitas RAM Yang Tidak Mencukupi

Banyaknya program yang berjalan pada laptop mengakibatkan RAM semakin menipis dan dapat mempengaruhi kinerja laptop. Antara program satu dengan yang lainnya bisa saja saling bentrok karena kekuarangan RAM yang menjadi sumber penggerak dari program-program tersebut. Cara mengatasi RAM yang kecil, pemilik laptop bisa meningkatkan kapasitas RAM dengan membeli memori tambahan di konter resmi.

5. Laptop Terinfeksi Virus Atau Malware

Tidak dapat dipungkiri virus dan malware yang menyerang laptop juga merupakan salah satu penyebab laptop menjadi lemot. Sistem kerja virus dan malware dapat merusak file system dalam laptop sehingga membuat kinerja laptop melambat. Cara mengatasi virus atau malware yang menyerang laptop yakni dengan memasang aplikasi antivirus atau menginstall ulang laptop.

6. Hardware Yang Tidak Mampu Bekerja Secara Optimal

Jika laptop terus melambat tanpa ada perubahan meski pengguna telah melakukan banyak cara, bisa jadi laptop mengalami kegagalan kerja pada hardware. Hal tersebut bisa jadi karena hard drive, RAM, maupun CPU sudah tidak mampu menjalankan operasi sistem laptop dengan baik. Satu-satunya cara untuk mengembalikan keadaan adalah dengan mengganti laptop.

Jika pengguna telah mengetahui alasan mengapa tiba-tiba laptop jadi lemot, usahakan untuk menjaga laptop dari kemungkinan yang bisa menyebabkan penurunan kinerja pada perangkat tersebut. Gunakan penyimpanan laptop seperlunya, jangan mengunduh aplikasi yang tidak begitu penting dan tidak sembarangan mengunduh sesuatu dari internet agar laptop terhindar dari virus dan malware.

Lihat lebih banyak

Tim Penulis

Tim Penulis TimesLombok.com adalah beberapa penulis lepas yang berkomitmen memberikan Karya Tulisan yang bermanfaat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button