Tekno

Bagaimana Cara Memperbaiki Hardisk Rusak Bunyi? Simak Ulasannya Di Sini

Komputer merupakan salah satu alat yang paling sering digunakan oleh manusia dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu komponen utama komputer adalah hardisk. Hardisk berfungsi untuk menyimpan data ataupun membackup data yang ada pada komputer. Komponen utama hardisk terkadang juga bisa mengalami kerusakan. Kerusakan yang sering dijumpai adalah hardisknya rusak dengan mengeluarkan bunyi. Banyak orang yang bingung dan mencari berbagai cara memperbaiki hardisk rusak bunyi.

Jika mengalami masalah hardisk rusak bunyi, jangan langsung membeli yang baru atau membawa komputer tersebut ke tempat service. Cobalah untuk memperbaikinya secara mandiri dengan mencari beberapa cara memperbaikinya. Jika berhasil, maka tak perlu mengeluarkan dana untuk membayar service komputer.  Bagaimana cara memperbaiki hardisk rusak bunyi? Simak Ulasannya di sini.

1. Periksa Power Supply

Hal pertama kali yang harus dilakukan saat hardisk rusak bunyi adalah memeriksa power supply di CPU. Hal ini dilakukan untuk mengetahui apakah power supply tersebut rusak atau tidak. Selain itu, hal ini juga bertujuan untuk mengetahui apakah power supply menerima arus listrik dengan baik atau tidak.

Cara memeriksa power supply yaitu dengan menggunakan power supply cadangan ataupun power supply teman. Jika power supply terbukti rusak, bisa jadi hardisk rusak bunyi karena hal ini. Saat power supply rusak, hardisk tidak menerima aliran listrik dengan baik yang menyebabkan hardisknya berbunyi.

2. Cabut Kabel PSU Ke HDD (Hard Disk Drive) Lalu Pasang Kembali

Cara memperbaiki hardisk rusak bunyi selanjutnya yaitu dengan mencabut kabel sambungan power supply atau PSU ke HDD (Hard Disk Drive). Lakukanlah saat komputer dalam keadaan mati. Kemudian, tunggulah beberapa detik dan pasang kembali kabel sambungan power supply atau PSU ke HDD (Hard Disk Drive). Hardisk rusak bunyi ini juga sering terjadi saat sedang memakai komputer.

3. Ketuk Bagian Tengah HDD (Hard Disk Drive)

Cara ini bisa dilakukan dengan mematikan komputer,  kemudian ketuklah bagian tengah HDD (Hard Disk Drive) dengan tangan. Perlu diingat, jangan terlalu mengetuknya dengan keras dan jangan terlalu lemah. Setelah itu, cobalah hidupkan kembali komputer yang telah diketuk tersebut dengan menekan tombol power.

Jika beruntung, saat komputer dihidupkan kembali hardisk rusak bunyi tersebut akan kembali normal seperti semula. Mengetuk HDD (Hard Disk Drive) ini bertujuan untuk memperbaiki posisi jarum agar tidak menghasilkan bunyi lagi. Cara ini cukup simple, namun cara ini tingkat keberhasilannya sangat kecil, makanya not recommended.

4. Bongkarlah Hardisk Sendiri

Cara memperbaiki hardisk rusak bunyi yang satu ini memiliki resiko yang sangat tinggi. Hal ini dikarenakan untuk membongkar suatu hardisk harus benar-benar mengetahui komponen yang ada pada hardisk. Bagi yang sedikit mengetahui komponen hardisk bisa mencoba cara ini dengan mencari beberapa  tutorial youtube. Namun, bagi yang tidak mengetahui komponennya, tidak disarankan untuk membongkar hardisk ini sendiri.

5. Bawa Ke Tempat Service

Jika semua cara memperbaiki hardisk rusak bunyi di atas tidak berhasil juga, maka bawalah komputer tersebut ke tempat service terdekat. Carilah tempat service yang bagus dan terpercaya, tidak abal-abal karena komputer merupakan alat yang sensitif. Mintalah referensi ataupun rekomendasi dari beberapa teman yang punya pengalaman.Sebelum membawanya ke tempat service, simpanlah terlebih dahulu data-data penting yang ada pada HDD (Hard Disk Drive).

Itulah beberapa cara memperbaiki hardisk rusak bunyi yang bisa dilakukan. Hardisk rusak bunyi biasanya disebabkan oleh beberapa hal seperti hardisk terlalu panas, hardisk terbanting, usianya sudah lama, aliran listrik tidak stabil dan lain-lain. Sebagai informasi tambahan, agar hardisk tidak cepat rusak gunakanlah kipas pendingin saat menggunakan komputer. Selain itu servicelah komputer terutama di bagian hardisk untuk menghilangkan debu yang ada pada hardisk.

Lihat lebih banyak

Tim Penulis

Tim Penulis TimesLombok.com adalah beberapa penulis lepas yang berkomitmen memberikan Karya Tulisan yang bermanfaat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button