Tekno

Berikut Penyebab Laptop Cepat Panas Dan Cara Mengatasinya

Laptop cepat panas atau overheating adalah musuh besar bagi laptop dan merupakan masalah serius jika tidak segera diatasi. Hal ini bisa saja terjadi jika komponen lain seperti hard disk drive, RAM bahkan motherboard tidak memiliki sistem pendingin dan menyebabkan kerusakan di bagian tersebut.

Pada dasarnya, setiap laptop pasti sudah didesain dengan pengamanan berupa sistem pendinginan masing-masing, akan tetapi ada kondisi dimana suhu atau temperatur laptop menjadi berlebih yang ditandai dengan panas laptop itu sendiri. Untuk itu mari simak ulasan apa penyebab laptop cepat panas dan cara mengatasinya.

1. Terlalu Lama Mengunakan Laptop

Semua tentunya sudah tahu, penggunaan laptop dalam jangka waktu yang lama dapat memicu meningkatnya suhu pada komponen-komponen yang ada pada laptop. Apalagi jika laptop digunakan untuk bekerja berat, seperti bermain game atau untuk kebutuhan desain grafis. Hal inilah yang akan membuat laptop cepat panas.

Seperti halnya manusia, laptop juga butuh istirahat setelah digunakan terlalu lama. Istirahatkan laptop minimal 30 menit, sebelum nantinya digunakan kembali. Atur jadwal penggunaan laptop sebaik mungkin untuk menghindari overheating.

2. Penempatan Laptop Yang Kurang Benar

Penempatan laptop sangatlah penting mengingat laptop membuang panas suhu dari dalam melalui bagian bawah. Tempatkanlah laptop pada alas datar yang tidak menyerap suhu panas seperti meja dan tatakan. Penempatan laptop di atas kasur secara langsung tanpa alas akan menyebabkan sirkulasi panas tidak bisa dibuang dengan sempurna membuat laptop menjadi kepanasan.

Untuk mengatasinya pastikan saat menggunakan laptop perhatikan juga penempatannya. Laptop biasanya memiliki sirkulasi pembuangan panas pada samping atau bagian bawah. Jadi gunakanlah tatakan atau meja yang datar.

3.  Kipas Tidak Berfungsi dengan Baik

Kipas yang tidak berfungsi dengan baik merupakan salah satu penyebab laptop cepat panas ketika digunakan. Karena jika kipas tidak berfungsi dengan baik, maka akan menyebabkan hawa panas didalam laptop menumpuk dan sulit untuk keluar karena sirkulasi yang tidak baik dan tidak berfungsinya kipas untuk mengalirkan hawa dingin pada komponen didalam laptop.

Masalah ini biasanya terjadi karena banyaknya kotoran yang menumpuk pada kipas yang dapat memperlambat kinerja kips. Masalah tersebut bisa diatasi dengan membersihkan cooling pad dari debu dengan penyedot vakum mini yang akan menyedot debu keluar. Atau bisa juga menggunakan cooling pad eksternal yang dipasang di bawah laptop.

4. Thermal Paste Kering

Bagian laptop yang paling cepat panas yaitu processor, nah biasanya pada bagian atas processor diberi semacam gel yang disebut thermal paste yang bertujuan untuk mengurangi panas yang dihasilkan oleh processor.  Pada laptop yang masih baru, biasanya tidak ada masalah pada thermal pastenya, tetapi setelah melewati masa pemakaian yang lama, thermal paste akan mengering, dan ini akan berdampak pada panas yang dihasilkan processor.

Sebaiknya tambahkan thermal paste secara berkala agar panas pada processor bisa dihantarkan dengan baik. Namun jika tidak mengetahui dimana letaknya dan bagaimana caranya, lebih baik bawa saja ke service laptop untuk menghindari kerusakan lainnya.

5.  Hardware Yang Overclock

Bukan hanya PC saja yang bisa dioverclock, saat ini bahkan pabrikan laptop pun banyak yang menyediakan varian laptop yang didukung fitur overclocking. Tetapi tindakan overclocking yang salah, dapat mengakibatkan laptop cepat panas dikarenakan komponen yang di overclok bekerja dengan lebih tinggi.

Sebaiknya  periksa konfigurasi di BIOS apakah ada komponen yang diatur melebihi clock bawaannya, untuk amannya, terapkan pengaturan bawaan (default configuration) atau recomended configuration pada BIOS.

Nah itu tadi merupakan sedikit bahasan mengenai penyebab laptop cepat panas dan cara mengatasinya. Lakukanlah perawatan secara berkala dan gunakan laptop sesuai spesifikasinya. Penggunaan laptop yang terlalu berlebihan justru dapat merusak laptop itu sendiri.

Lihat lebih banyak

Tim Penulis

Tim Penulis TimesLombok.com adalah beberapa penulis lepas yang berkomitmen memberikan Karya Tulisan yang bermanfaat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button