Tekno

Ini 5 Cara Perbaiki Flashdisk Yang Tidak Terbaca

Flashdisk merupakan salah satu alat yang digunakan untuk menyimpan data berupa file, gambar video dan lain-lain. Flashdisk ini bentuknya kecil dan mudah dibawa kemana saja. Biasanya flashdisk ini sering digunakan oleh pelajar maupun pekerja untuk menyimpan berbagai macam tugasnya. Salah satu kerusakan flashdisk yang sering terjadi adalah flashdisk tidak terbaca. Banyak orang yang bingung bahkan khawatir saat flashdisknya tidak terbaca. Bahkan ada yang mencari berbagai cara perbaiki flashdisk yang tidak terbaca.

Flashdisk yang tidak terbaca biasanya terjadi akibat sering mencabut flashdisk tanpa di eject atau removable disk terlebih dahulu. Selain itu juga karena terjadi kerusakan pada port USB,settingan pada bios windows, flashdisk tidak bagus, dan lain-lain. Jika flashdisk tidak terbaca, jangan langsung membuang dan mengganti flashdisk tersebut dengan yang baru. Namun, cobalah untuk memperbaikinya sendiri dengan beberapa cara. Bagaimana cara perbaiki flashdisk yang tidak terbaca? Simak ulasannya berikut ini.

1. Melepas Flashdisk Dan Memasukkannya Kembali

Hal pertama kali yang harus dicoba saat flashdisk tidak terbaca adalah melepas flashdisk dan memasukkannya kembali ke komputer. Lakukanlah hal ini berulang-ulang sebanyak 3 sampai 4 kali. Jika flashdish tetap tidak terbaca, cobalah untuk menggoyangkan flashdisk yang tertancap di komputer dengan menggunakan jari jempol dan ibu jari.

Saat menggoyang flashdisk lakukanlah dengan pelan dan lembut jangan terlalu kuat. Menggoyang flashdisk ini bertujuan untuk memberikan rangsangan terhadap komputer agar mampu membaca flashdisk tersebut. Cara ini terkadang berhasil dilakukan dalam beberapa kali. Namun, terkadang cara ini juga tidak membuahkan hasil apa-apa alias nihil.

2. Mencoba Flashdisk Di Komputer Lain

Cara perbaiki flashdisk yang tidak terbaca selanjutnya adalah dengan mencoba flashdisk di komputer lain. Hal ini dilakukan untuk mengetahui apakan kerusakan flashdisk murni dari flashdisk atau kerusakan ini berasal dari komputer.

Komputer juga terkadang tidak mampu membaca flashdisk. Biasanya komputer tidak mampu membaca karena sistem operasi pada komputer tidak bisa mendeteksi driver pada flashdisk.

3. Tambahkan Notifikasi Hardwere

Cara ini bisa dilakukan dengan memasukkan flashdisk pada perangkat komputer. Caranya klik start dan pilih menu control panel. Ubahlah tampilan menjadi klasik mode (switch to classic mode). Kemudian kliklah add hardwere hingga muncul tampilan kotak dialog dan klik next.

Setelah itu pilihlah opsi Yes, I have already connected the hardware. Opsi ini dipilih agar sistem komputer bisa mengecek keberadaan perangkat keras eksternal (flashdisk) yang belum terdeteksi secara otomatis. Jika cara tersebut berhasil maka akan muncul auto run.

4. Lakukan CMD

Masukkanlah flashdisk yang tidak terbaca ke dalam komputer. Klik menu start, dan buka command prompt dengan mengetik cmd. Bukalah tempat flashdisk berada, misalnya di folder G, maka tulislah g pada command prompt. Tulislah chkdsk/g, maka akan muncul pilihan Y atau N dan pilih Y. Kemudian akan muncul pilihan restart komputer, dan restartlah komputer tersebut.

5. Memformat Flashdisk

Cara perbaiki flashdisk yang tidak terbaca ini sebenarnya tidak direkomendasikan, karena bisa menghilangkan semua file yang ada pada flashdisk. Formatlah flashdisk tersebut dengan memasukkan flashdisk ke port USB yang tersedia. Kemudian klik start dan ketik compmgmt.msc pada kolom search program compmgmt.

Setelah muncul kotak dialog computer management, klik storage, lalu pilih disk management. Tunggulah sampai proses selesai, jangan membatalkan ataupun mencabut flashdisk saat proses belum selesai. Jika sudah terdeteksi, lakukanlah pemformatan flashdisk dengan mengklik kanan lalu pilih format flashdisk.

Itulah beberapa cara perbaiki flashdisk yang tidak terbaca yang bisa dicoba dan dan di aplikasikan. Cara-cara ini biasanya sudah mewakili cara lainnya dan paling sering dilakukan oleh kebanyakan orang saat flashdisk tidak terbaca. Ikutilah cara di atas dengan teliti agar flashdisk yang tidak terbaca kembali seperti semula. Jika flashdisk tidak rusak, maka cara di atas akan ampuh dan membuahkan hasil yang baik.

Lihat lebih banyak

Tim Penulis

Tim Penulis TimesLombok.com adalah beberapa penulis lepas yang berkomitmen memberikan Karya Tulisan yang bermanfaat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close