Tekno

Laptop Mati Sendiri Ketika Dihidupkan? Ini Penyebabnya

Laptop mati sendiri ketika dihidupkan bisa terjadi kapan saja. Hal ini tentu saja sangat mengganggu pekerjaan, apalagi kalau sudah dikejar deadline. Lalu apa yang menjadi penyebab laptop mati sendiri ketika dihidupkan?

Banyak faktor yang menyebabkan kondisi laptop yang seperti itu , diantaranya dapat dikarenakan masalah hardware, tegangan listrik, atau bahkan terdapat masalah pada monitor laptop itu sendiri. Untuk mengetahui secara rinci penyebab laptop mati sendiri ketika dihidupkan, yuk simak penjelasan di bawah ini.

1. Baterai Laptop Sudah lemah

Laptop mati sendiri ketika dihidupkan mungkin karena baterainya sudah lemah, sehingga perlu disambungkan ke aliran listrik. Tentu saja tanpa adanya listrik, laptop ataupun perangkat elektronik lainnya pada umumnya tidak dapat berfungsi atau menyala dengan semestinya. Oleh karena itu, untuk mengatasi hal tersebut tentu saja harus memberikan sumber daya yang cukup untuk membuat laptop bisa berjalan dengan baik.

Setiap laptop memiliki karakteristik sumber daya yang berbeda beda, apabila laptop tidak dapat menyala tanpa dicharge, maka harus senantiasa menghubungkan laptop ke sumber daya listrik.

2. Overheat

Overheat atau panas berlebihan yang terjadi pada laptop dapat membuat laptop untuk mengistirahatkan dirinya sendiri. Pemakaian laptop yang terus menerus dapat menyebabkan perangkat di dalamnya mengalami overheat.

Tidak  ada salahnya apabila selalu mewaspadai masalah overheating pada laptop, agar dapat memperpanjang masa umur perangkat keras sekaligus mencegah laptop tidak bisa hidup.

3. Kaki RAM Berkerak

Hal ini bisa saja terjadi, jika usia laptop telah cukup lama (misalnya satu atau dua tahun) digunakan tanpa pernah meng-upgrade (atau melepas) RAM. Kaki RAM yang terbuat dari logam menempel pada logam yang (mungkin) sama pada socket RAM di motherboard dan selama sekian tahun dalam keadaan panas (sering digunakan) tentu saja ada resiko logam tersebut untuk berkerak yang dapat mengganggu aliran listrik.

Jika aliran listrik pada RAM tiba-tiba terganggu atau terputus saat laptop menyala (digunakan) maka laptop akan mati sendiri ketika dihidupkan. Solusi paling sederhana untuk masalah ini adalah dengan membersihkan kaki RAM menggunakan penghapus karet.

4. Pasta Processor Mengering

Pasta processor pada umumnya dibubuhkan antara processor dengan logam pendingin (logam pendingin ini biasanya terletak antara kipas pendingin dengan processor). Saat pasta processor mengering, proses pendinginan sempurna tapi suhu dingin tersebut tidak sampai dengan sempurna ke processor, hal ini menyebabkan processor akan mengalami panas berlebih. Hal ini sangat wajar, karena processor adalah otak utama dari laptop. Sehingga apabila processor mengalami kerusakan, maka besar kemungkinan laptop akan mati sendiri.

5. Main Board Rusak

Main board merupakan salah satu hardware yang peranannya cukup penting, kejadian seperti ini biasanya terdapat pada laptop yang telah berumur. Selain itu, penggunaan secara terus menerus dalam waktu yang terbilang lama juga bisa menjadi pemicunya.

Jika benar main board pada laptop yang mengalami kerusakan, disarankan untuk mengganti laptop saja. Ya, ini dikarenakan harga main board hampir sama dengan harga satu buah laptop.

6.  Sistem Operasi Bermasalah

Umumnya saat laptop tiba-tiba mati sendiri ketika dihidupkan dan tampilan layar monitor tiba-tiba mentok di boot-screen dengan tulisan “ntldr is missing” pada Windows XP atau “bootmgr is missing” pada Windows 7 dan versi terbarunya, atau mungkin peringatan “please insert boot device” atau semacamnya.

Hal tersebut mengindikasikan adanya masalah dengan partisi system sehingga sistem operasi (Windows) kehilangan kemampuan untuk memuat semua file sistem operasi.

Tentunya masih terdapat berbagai macam penyebab dan juga cara mengatasi laptop mati sendiri ketika dihidupkan yang belum masuk pembahasan di atas. Namun beberapa poin di atas adalah yang paling sering ditemui. Untuk mengatasi kejadian tersebut sebaiknya bersikaplah tenang agar kerusakan tidak semakin menyebar dan segera tanyakan pada ahlinya.

Lihat lebih banyak

Tim Penulis

Tim Penulis TimesLombok.com adalah beberapa penulis lepas yang berkomitmen memberikan Karya Tulisan yang bermanfaat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button