Tekno

5 Manfaat Linux Untuk Programmer Sejati

Linux adalah salah satu jenis sistem operasi yang paling banyak digunakan atau digemari di seluruh dunia terutama programmer. Dua sistem operasi lainnya yaitu windows dan OSX. Ketiga jenis sistem operasi tersebut tentunya memiliki cara kerja dan penggunaan yang berbeda-beda. Penggunaan dari ketiga sistem operasi terbaik di dunia pastinya sesuai dengan kebutuhan, kalau programmer pastinya untuk mendukung bahasa pemrograman. Namun apakah kalian tahu bahwa linux ini memiliki banyak sekali manfaat untuk programmer sehingga masuk ke dalam daftar 3 sistem operasi yang paling difavoritkan di seluruh penjuru dunia. Jika anda belum mengetahuinya sebaiknya anda simak manfaat linux untuk programmer di bawah ini :

1. Free Dan Open Source

Linux memiliki beragam manfaat khususnya untuk para programmer. Sistem operasi linux ini bebas dan gratis mengunduhnya. Kelebihan dari sistem operasi ini sangat mudah digunakan dan bebas dimodifikasi sesuai dengan kreativitas kita. Sangat pas dan cocok sekali bagi kita seorang programmer  yang memang sangat diperlukan sebuah kreativitasnya. Untuk arti dari open source kenapa masuk dalam manfaat dari linux yaitu kode sumber yang terbuka. Itu artinya siapapun bebas dalam mempelajari atau memodifikasi sebuah kode langsung dari sumbernya.

2. Sangat Aman Dari Virus

Nah, manfaat linux untuk programmer yang paling sangat penting adalah sangat aman dari yang namanya virus. Virus sangat berbahaya terutama virus yang membandel. Anda bisa membayangkan ketika anda sedang melakukan pemrograman tiba komputer anda terkena virus, nah yang akan terjadi pastinya erornya sistem pemrograman yang sudah anda buat. Dengan menggunakan sistem operasi linux anda bisa katakan selamat tinggal pada virus yang nantinya akan mengganggu kinerja anda terutama saat coding.

3. Sangat Mendukung Ragam Bahasa Pemrograman

Manfaat linux untuk programmer yang paling membuat takjub adalah karena sistem operasi ini sangat mendukung ragam bahasa pemrograman. Dengan kelebihan tersebut tentunya akan mendatangkan manfaat yang besar bagi anda dalam melakukan coding. Apalagi dalam bahasa pemrograman dibutuhkan beberapa bahasa yang nantinya bisa dimodifikasi menjadi satu dan dibuat sistem jalan tidak mengalami error. Diantara bahasa pemrograman yang bisa terbaca untuk sistem operasi ini adalah go, PHP, perl, java, phyton, ruby, javacript, pascal, C++, C#, C dan masih banyak lagi.

4. Tools Sangat Lengkap

Keistimewaan dari linux ini selain tadi bisa digunakan untuk ragam bahasa pemrograman juga memiliki tools yang sangat lengkap sekali. Tentunya hal ini akan memberikan manfaat yang lebih bagi para programmer. Tool yang dimaksudkan diantaranya terdapat sebuah software atau aplikasi yang nantinya digunakan untuk menguji hasil dari coding kita apakah sudah sukses atau tidak jalan alias masih error. Dengan adanya hal tersebut anda bisa mencoba menjalankan program yang anda buat sesering mungkin dan misalkan belum bisa jalan bisa dicari solusi yang lain dengan segera.

5. Selalu Update Dan Ringan

Linux biasanya akan selalu update dan tetapi software atau aplikasi ini akan tetap ringan. Hal ini juga dapat menjadi suatu manfaat yang dapat dirasakan oleh para programmer. Dengan aplikasi yang selalu update tentunya akan menjadikan aplikasi tersebut lebih canggih dan yang pasti dapat menunjang kita dalam melakukan coding saat ingin membuat sebuah proyek tertentu. Sistem operasi linux yang ringan sangat memungkinkan untuk dipakai oleh semua orang terutama yang tidak memiliki komputer dengan spesifikasi yang sangat tinggi.

Lihat lebih banyak

Tim Penulis

Tim Penulis TimesLombok.com adalah beberapa penulis lepas yang berkomitmen memberikan Karya Tulisan yang bermanfaat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button