Tekno

Inilah 5 Penemuan Teknologi Terbaru Yang Menghebohkan Masyarakat

Dari masa ke masa, teknologi terus mengalami perkembangan seiring dengan perkembangan zaman. Adanya teknologi ini dapat memberikan kemudahan bagi manusia. Sehingga tidak jarang, teknologi bisa meringankan kerja manusia. Apalagi di zaman sekarang yang serba canggih ini, tentunya muncul banyak penemuan teknologi terbaru yang selain meringankan pekerjaan juga membuat masyarakat takjub. Berikut adalah 5 penemuan teknologi terbaru yang ada di Indonesia.

1. Virtual Reality

Virtual Reality merupakan penemuan teknologi terbaru yang saat ini menjadi tren di masyarakat, terutama pada pengguna komputer dan smartphone. Teknologi ini memungkinkan kita untuk melihat objek yang ada di komputer secara nyata. Cara untuk menggunakan teknologi ini adalah dengan menggunakan alat bantu seperti kacamata. Berbagai platform seperti smartphone juga sudah mendukung teknologi ini. Pengaplikasian teknologi virtual reality ini bisa dilihat dari banyaknya game serta platform digital seperti YouTube yang menggunakan teknologi virtual reality ini. Sehingga dengan menggunakan teknologi ini, objek yang kita lihat akan terlihat seperti nyata.

2. Augmented Reality

Selain Virtual Reality, terdapat juga penemuan teknologi terbaru sejenis bernama Augmented Reality. Teknologi ini menggabungkan objek dua dimensi maupun tiga dimensi ke dalam dunia nyata serta diproyeksikan secara real time. Contoh penggunaan teknologi ini adalah pada saat laporan cuaca di acara televisi atau acara berita yang memuat mengenai data-data tertentu. Biasanya para penyiar berita akan berdiri pada sebuah studio yang mana menggunakan kain berwarna biru atau hijau dan kain tersebut dikenal dengan nama green screen. Dengan bantuan komputer, obyek yang ditampilkan akan terlihat nyata. Teknik ini juga sering disebut dengan chroma keying.

3. Artifical Intelligence

Teknologi merupakan sebuah terobosan untuk mempermudah kinerja manusia. Salah satu penemuan teknologi terbaru yang memudahkan kinerja manusia serta menjadi heboh di masyarakat adalah kecerdasan buatan atau Artifical Intelligence. Penemuan ini merupakan sebuah kecerdasan yang diberikan kepada sebuah sistem yang mana bisa diatur sesuai keinginan pengguna. Sehingga pekerjaan yang bisa dilakukan manusia juga bisa dilakukan oleh komputer. Contoh dari teknologi AI ini adalah fitur Siri yang ada pada ponsel Iphone yang mampu menjawab apa yang kita ucapkan. Selain Siri, terdapat juga sebuah produk bernama Alexa yang dikembangkan oleh Amazon yang juga menerapkan teknologi kecerdasan buatan tersebut.

4. Mobil Tanpa Pengemudi

Mobil tanpa pengemudi atau yang juga bisa disebut dengan mobil otonom merupakan sebuah terobosan yang berupa kendaraan yang bisa bergerak tanpa bantuan pengemudi. Untuk bergerak, mobil ini mengandalkan GPS, sinyal, ataupun radar untuk bergerak dari suatu tempat menuju ke tempat tujuan. Selain untuk bergerak, GPS dan sejenisnya ini juga berguna untuk mendeteksi halangan serta rintangan yang ada di jalan. Di Indonesia sendiri, teknologi ini digunakan saat pagelaran Asian Games 2018 bulan Agustus lalu. Yang mana jika Anda berjalan di sekitar venue, Anda akan menemukan mobil tanpa awak yang berjalan-jalan di sekitar venue.

5. Virtual Youtuber

Besarnya platform Youtube akhir-akhir ini membuat banyak orang yang ingin menjadi Youtuber. Itulah mengapa Youtube saat ini menjadi website yang sering diakses oleh masyarakat, termasuk masyarakat Indonesia. Sehingga, tidak sedikit orang ingin menjadi seorang Youtuber. Di Youtube, kita bisa melihat berbagai macam video yang dibuat oleh para pembuat konten yang disebut content creator. Tidak hanya manusia saja, bahkan saat ini juga sudah ada sosok virtual Youtuber yang mana memberikan terobosan baru di dunia Youtube. Bahkan, Indonesia sendiri juga memiliki sosok virtual Youtuber yang memiliki banyak penggemar di seluruh Indonesia. Hal itu tentunya menjadi sebuah kemajuan di bidang teknologi.

Tags
Lihat lebih banyak

Tim Penulis

Tim Penulis TimesLombok.com adalah beberapa penulis lepas yang berkomitmen memberikan Karya Tulisan yang bermanfaat.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close