Tekno

Perbedaan Telepon Jaman Dulu Dan Sekarang Yang Perlu Anda Ketahui

Telepon genggam pertama kali ditemukan oleh Martin Cooper pada tanggal 3 April 1973. Dia merupakan salah seorang karyawan perusahaan Motorola. Martin Cooper mencetuskan sebuah ide untuk menghasilkan sebuah alat komunikasi yang berukuran kecil yang mudah dibawa kemana pun secara fleksibel. Ada perbedaan telepon jaman dulu dan sekarang yang sangat berbeda jauh.

Perbedaan telepon jaman dulu dan sekarang ini terlihat saat telepon genggam tipe pertama kali diproduksi. Martin Cooper bersama timnya menganggap hal ini adalah tantangan luar biasa. Mereka harus memasukkan material elektronik pada alat yang berukuran kecil untuk pertama kali. Pada jamannya, telepon genggam keluaran pertama dianggap paling bagus dan mahal.

1. Fitur Kamera

Fitur handphone pada zaman dulu begitu kurang sempurna. Handphone yang mulai ada kameranya saja cuma VGA. gambar jadi pecah-pecah di layar ponsel. Beda dengan handphone zaman sekarang yang sudah pakai fitur auto focus di kamera.

Dahulu memori card nya juga terbatas, bisa sampai 1 GB saja sudah keren banget, kalau sekarang itu sudah bisa sampai 64 GB. Belum lagi dari fitur musik, ponsel zaman dahulu suaranya cempreng, bahkan banyak sekali ponsel yang tidak bisa dimasukkin MP3. Kalo handphone zaman sekarang itu suaranya sudah jernih. ingin lagu apa saja bisa langsung didownload.

2. Kecanggihan

Dahulu kecanggihan handphone  cuma gitu-gitu saja. Bisa buka google saja sudah canggih banget. Kalau sekarang semua orang sudah pakai smartphone. Kemudahan akses internet membikin dunia sudah kayak dalam genggaman setiap orang yang punya smartphone.

Ingin  makan, tinggal  pesan delivery online. Bayar tagihan juga lewat internet banking. Ingin belanja, ada banyak sekali online shoping. Apalagi sekarang sudah musimnya sosial media yang menjamur seperti facebook, path, twitter, instagram, tumblr, ask.fm, blog, snapchat dan masih banyak sekali akun sosial media lainnya.

3. Penampilan atau desain

Handphone zaman dahulu layarnya kelihatan kecil banget, sudah itu nampak buram juga. sedangkan juga ada yang layarnya masih kuning. Ponselnya begitu berat dan tebal seperti potongan tahu. Kalau menekan tombolnya juga terdengar berisik banget sampai bisa bangunkan tetangga lagi tidur.

Kalau ponsel zaman sekarang, bisa untuk bercermin di layar handphone karena jernihnya. Layarnya sudah lebar- lebar seperti talenan. Puas sekali jika ingin numpang dijadikan papan untuk nulis. Body nya tipis banget seperti irisan bawang goreng.

4. Harga

Zaman dahulu, ponsel adalah barang yang masuk kategori mewah. Harganya yang mahal, beli kartunya juga mahal. beli pulsa tidak bisa sedikit, menelpon dan sms tarifnya sangat mahal. Pokoknya kalau orang Long Distane Releanship zaman dahulu, pasti sangat tersiksa.

Beda dengan ponsel pintar zaman sekarang, handphone sudah kayak kacang rebus saja harganya. Fiturnya yang lengkap, beli kartunya juga  murah banget. Gocengan saja sudah bisa dapat pulsanya sekalian. Sudah banyak paket sms serta telpon gratis yang sangat murah, apalagi sekarang banyak aplikasi chat seperti BBM, Line, Whatsapp.

5. Baterai

Inilah kecanggihannya handphone zaman dahulu, batreinya bisa tahan untuk seminggu! Keren sekali. Kalau ponsel zaman sekarang? 5 jam saja sudah habis, harus bawa powerbank kemana-mana

Itulah tadi ulasan perbedaan telepon jaman dulu dan sekarang. Semoga informasi ini bisa memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada kalian semua yang sudah bisa menikmati kecanggihan teknologi zaman sekarang. jadi marilah kita bersyukur dengan adanya kemajuan smartphone.

Tags
Lihat lebih banyak

Tim Penulis

Tim Penulis TimesLombok.com adalah beberapa penulis lepas yang berkomitmen memberikan Karya Tulisan yang bermanfaat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close