Tekno

Perhatikan 5 Cara Memilih Kamera DSLR Bagi Pemula

Saat ini dunia fotografi banyak menyedot minat dari berbagai kalangan. Sebagai langkah awal sebelum terjun kedalam dunia fotografi haruslah memiliki sebuah kamera DSLR. Tapi tidak jarang banyak orang yang salah dalam mengambil langkah awal ketika membeli kamera tersebut. Berikut 5 cara memilih kamera DSLR bagi pemula :

1. Mengetahui Info Umum Kamera DSLR

Sebagai seorang pemula, cara memilih kamera DSLR pertama yang harus dilakukan adalah mengetahui informasi umum kamera DSLR. Pahami kelebihan serta kekurangan dari kamera tersebut. Selain itu calon pembeli juga harus tahu apa perbedaan antara kamera DSLR dengan kamera biasa.

Selain mencari tahu, calon pembeli yang masih awam dengan kamera DSLR sebelumnya juga harus belajar cara mengoperasikan kamera tersebut. Sebab dalam mengoperasikan kamera DSLR akan terasa sulit bagi orang yang benar-benar baru dan asing dengan kamera tersebut.

2. Sesuaikan Budget Dengan Spesifikasi Kamera Serta Kemampuan Pengguna

Membeli sebuah kamera DSLR harus dengan pertimbangan yang matang sebab harga kamera tersebut tidaklah murah. Jangan asal membeli karena barang tersebut dirasa bagus. Perhatikan pula kemampuan yang dimiliki oleh pengguna, jangan memaksakan diri membeli kamera DSLR yang punya spesifikasi tinggi tapi tidak berbarengan dengan kemampuan yang bagus dalam menjalankannya.

3. Membawa Teman Yang Berpengalaman Ketika Membeli Kamera DSLR

Jangan mudah ditipu penjual. Cara memilih kamera DSLR berikutnya adalah saat akan membeli kamera, pastikan membawa teman yang ahli sebagai pemandu saat akan membeli. Biasanya teman yang berpengalaman akan merekomendasikan beberapa kamera yang cocok untuk digunakan bagi pemula. Saran teman yang ahli bisa dipakai sebagai pertimbangan dalam membeli kamera DSLR.

Selain itu teman yang berpengalaman akan membantu calon pembeli untuk memilih kamera DSLR yang tepat. Hal ini akan menghindarkan calon pembeli pemula dari tindak penipuan penjual atau termakan rayuan penjual yang mementingkan barang dagangannya laku terjual.

4. Buang Jauh-Jauh Pemikiran “Yang Penting Merk Kamera”

Ada hal yang harus diubah dari cara memilih kamera DSLR bagi pemula. Biasanya orang yang masih awam dalam dunia fotografi beranggapan kualitas sebuah kamera DSLR ditentukan oleh merk-nya. Hal tersebut tidak sepenuhnya salah. Akan tetapi secara umum spesifikasi kamera DSLR untuk pemula semuanya sama.

Dengan cara berfikiran yang seperti itu, seringkali calon pembeli kamera DSLR pemula merasa kecolongan. Sebab akibat dari mengunggulkan suatu merk, calon pembeli tidak dapat melihat keunggulan dari kamera DSLR merk lain yang sesuai dengan kebutuhannya. Dari sanalah sering timbul rasa penyesalan dalam benak para pemburu kamera DSLR yang masih pemula.

5. Sabar Menunggu Produk Kamera DSLR Seri Tebaru Rilis

Menunggu produk kamera DSLR seri terbaru rilis merupakan cara memilih kamera DSLR dengan harga miring. Ketika pembeli telah memutuskan membeli sebuah kamera dari suatu merk, disarankan untuk menunggu seri terbaru dari produk tersebut rilis. Taktik ini sangat ampuh bagi calon pembeli untuk mendapatkan harga yang lebih murah saat membeli kamera DSLR yang diinginkan.

Menunggu produk kamera DSLR seri terbaru rilis juga bisa dijadikan sebagai bahan pembanding. Jika kamera seri terbaru memiliki selisih harga yang tidak terlalu jauh dengan kamera yang diinginkan pembeli tidak akan rugi. Calon pembeli bisa memilih kamera DSLR seri terbaru dengan harga yang tidak terlalu jauh dari kamera pilihan pertama.

Cara memilih kamera DSLR bagi pemula memang susah-susah gampang. Perlu pertimbangan yang matang serta memperhatikan kegunaan kamera tersebut. Tentunya, kebutuhan kamera DSLR bagi orang yang hanya menyalurkan hobi berbeda dengan orang yang menggunakannya untuk pekerjaan. Oleh karena itu bijaklah dalam menentukan kamera DSLR mana yang cocok dengan kantong dan kemampuan.

Lihat lebih banyak

Tim Penulis

Tim Penulis TimesLombok.com adalah beberapa penulis lepas yang berkomitmen memberikan Karya Tulisan yang bermanfaat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button